oleh

30 Pramuka Garuda Siaga dikukuhkan

bhinnekanusantara.id – Sebanyak 30 anggota Pramuka Garuda Siaga Banjarnegara, dikukuhkan oleh tim pembina dan pelatih Kwartir Cabang Banjarnegara, Senin (11/3). Mereka terdiri dari 20 pramuka siaga pangkalan SDN 4 Sokanandi, 6 pramuka siaga pangkalan SDN 1 Karangkobar, 2 pramuka siaga pangkalan SDN 1 Banjarmangu, dan 2 pramuka siaga pangkalan SDN 1 Kutayasa.

Ketua tim penguji Pramuka Garuda Kwarcab Banjarnegara, Sugeng Wiyono mengatakan, proses pengujian dilakukan secara bersama dan melalui implementasi Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda sesuai dengan SK Kwartir Nasional.

“Pengujian dilakukan oleh TIM beranggotakan Andalan cabang, Andalan ranting, tokoh masyarakat, dan orangtua peserta didik. Harapan memberikan rasa bangga dan orangtua sekaligus menjadi saksi keteguhan hati peserta didik dalam menempuh Pramuka Garuda,” katanya.

Kegiatan uji Pramuka Garuda Siaga, dilakukan di Sanggar Bakti Pramuka Kwartir Cabang Banjarnegara. Meski sederhana, diharapkan memberikan edukasi bagi peserta didik tentang arti kesahajaan dan kesederhanaan dalam bertindak.

Andalan Cabang urusan Siaga Kwartir Cabang Banjarnegara, Wiwi Sugiastuti mengatakan, prosesi uji tersebut merupakan satu rangkaian kegiatan dan syarat untuk menuju Pesta Siaga tingkat Kwarda Jawa Tengah. Di mana salah satu poin utama persyaratan peserta adalah telah mencapai level pramuka garuda.

“Komitmen kami, terus mencetak kader handal dan berkualitas dengan tetap mengutamakan kualitas peserta didik, out come dan hasil maksimal seperti tahun sebelumnya,” katanya.

Beberapa poin yang diujikan sebagai syarat pramuka garuda, sesuai petunjuk dari Kwartir Nasional di antaranya keteladanan, SKU dan SKK,  pertemuan pramuka siaga, hasta karya, dan pengetahuan kepramukaan.

Hasta karya menjadi poin istimewa dalam uji kompetensi pramuka garuda,  di mana seluruh peserta didik dituntut untuk membuat minimal tiga karya original dan inovatif berbahan dasar sampah atau barang bekas yg dapat bernilai karya seni dan mempunyai nilai ekonomis.

“Seluruh peserta dinyakatan lulus, kami berharap setelah menjadi pramuka garuda akan merubah sikap,  perilaku, dan menjadi contoh teladan bagi teman sebaya di sekolah dan lingkunganya,” ujarnya.

 

 

Sumber : Panturapost.com

Editor : Kiss login by Polda Jateng