42 Kades Wilayah Brebes Selatan Dilantik

bhinnekanusantara.id – Total 148 Desa dari 17 Kecamatan di Kabupaten Brebes Kepala Desa (Kades) terpilih yang berada diwilayah Brebes Selatan sejumlah 42 Kades terpilih dari 6 Kecamatan di Kabupaten Brebes yaitu Kecamatan Salem, Bantarkawung, Paguyangan, Sirampog, Bumiayu dan Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes pada hari ini, Senin (15/7) bertempat di lapangan Asri Bumiayu Kecamatan Bumiayu melaksanakan pelantikan dalam Pilkades gelombang I yang dipimpin oleh Bupati Brebes Idza priyanti.

Bupati Brebes yang hadir didampingi Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono, Dandim 0713 Brebes, Anggota DPRD Kabupaten Brebes, Kepala SKPD terkait, Camat beserta Anggota Forkopimcam Kecamatan dari 6 Kecamatan wilayah Brebes Selatan, dan Mantan Wakil Bupati Brebes periode 2002 – 2007.

Pelantikan tersebut Sesuai dengan keputusan Bupati Brebes No. 141/535 tahun 2019 tentang pengangkatan Calon Kepala Desa terpilih menjadi Kepala Desa Definitif hasil pemilihan kepala desa Kabupaten Brebes gelombang pertama tahun 2019.

Dalam sambutannya Bupati Brebes menyampaikan pesan kepada 42 kepala desa yang telah dilantik untuk segera bekerja, membangun sinergitas dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Sesuai amanat UU No.6 tahun 2014 tentang desa, pembangunan perdesaan ditunjukan untuk kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa.

“Sesuai pesan dari Presiden Republik Indonesia Ir. Joko widodo penggunaan dana desa dikonsentrasikan ke Pemberdayaan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat Desa serta lebih mengarah ke Inovasi Desa,” ungkap Bupati Brebes.

Lanjutnya, Desa yang merupakan tolok ukur pembangunan suatu daerah maka harus ditangani dengan serius tentang kesejahteraan desa dengan melalui dana desa diharapkan segala kebutuhan desa dapat terpenuhi.

“Saya kembali berpesan kepad kepala desa yang telah dilantik supaya dapat menggunakan dana desa dengan sebaik-baiknya dan transparansi karena dana desa dengan nominal yang sangat besar untuk itu gunakan dengan bijak”, lanjut Bupati.

Sementara itu, untuk mengamankan pelantikan Kades tersebut, Polres Brebes menerjunkan sedikitnya 344 personel gabungan dari Polres dan Polsek jajaran. Kegiatan pelantikan Kades yang juga dihadiri oleh ribuan warga dari masing masing desa yang dilantik tersebut berjalan dengan aman dan lancar.

 

sumber : polres brebes

editor : dealova @polda jateng