REMBANG – Dalam rangka Operasi Keselamatan Candi 2024, Satlantas Polres Rembang mengambil langkah proaktif dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya tertib berlalu lintas di kalangan pelajar.

Hal itu dilakukan dengan menggelar kegiatan Polisi Sahabat Anak di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Lasem Desa Dorokandang Kecamatan Lasem Rembang, Kamis (07/03/2024).

Kegiatan yang dipimpin oleh Kanit Kamsel Satlantas Polres Rembang Ipda Bambang Wahyudi, S.H. bersama anggota bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para pelajar ataupun generasi muda penyandang disabilitas terkait Budaya Tertib Berlalu Lintas, Keamanan dan Keselamatan Berlalu Lintas di jalan raya hingga memperkenalkan tugas serta peran Polisi lalu Lintas kepada anak-anak SLB Negeri Lasem.

Pada pelaksanaannya, Kanit Kamsel Satlantas bersama personel Satlantas lainnya memberikan penyuluhan kepada anak-anak tentang pentingnya mentaati peraturan berlalu lintas, menggunakan trotoar dan menggunakan helm SNI saat berkendara.

Tidak hanya memberikan edukasi, personel Satlantas Polres Rembang juga menyajikan materi pengenalan tugas dan peran Polisi dalam menjaga ataupun memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas). Tampak personel Satlantas Polres Rembang dengan sabar menjelaskan tugas Polisi dalam melindungi, mengayomi, melayani dan membantu masyarakat, hingga mengedukasi para pelajar sebagai upaya pencegahan perundungan atau bullying di sekolah.

Anak-anak SLB Negeri Lasem terlihat sangat serius dalam mendengarkan paparan tersebut, har ini menunjukkan antusiasme mereka terhadap kegiatan Polisi Sahabat Anak dan menunjukkan minat mereka dalam memahami aspek-aspek keamanan dan keselamatan berlalu lintas.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Rembang AKP Sugito, S.H. menyampaikan harapannya, melalui kegiatan Polsanak yakin dan percaya mampu meningkatkan kedekatan dan keakraban Polri terhadap seluruh pelajar termasuk para pelajar penyandang disabilitas.

“ Kami berharap kegiatan Polsanak mampu meningkatkan rasa peduli dan peran aktif para pelajar dalam menciptakan Kamseltibcar Lantas, menambah wawasan ataupun pemahaman para pelajar betapa pentingnya menerapkan budaya tertib berlalu lintas sejak dini. Polisi adalah sahabat dan pelindung masyarakat, serta selalu siap membantu dalam situasi apapun,” kata AKP Sugito.

Sugito menambahkan bahwa kegiatan Polsanak diharapkan menjadi tonggak awal untuk mengedukasi generasi muda tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas dan mendorong peran generasi muda untuk menjadi pelopor Keselamatan Berlalu Lintas.

Lebih lanjut disampaikan Kasat Lantas, tak hanya sekadar pembelajaran, kegiatan ini juga bertujuan membangun hubungan positif antara Polisi dan masyarakat, khususnya anak-anak.

“ Dengan cara ini, diharapkan para pelajar tidak hanya memiliki pengetahuan, tetapi juga sikap yang aman dan bertanggung jawab dalam berlalu lintas. Dan semoga anak-anak tidak takut terhadap Polisi dan merasa bangga dengan Polisi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” tutupnya.

HUMAS POLRES REMBANG

 

Polres Rembang, Kapolres Rembang, AKBP Suryadi, Suryadi, Kompol Joko Lelono, Kabupaten Rembang, Pemkab Rembang, PolisiNgajiPolisiNyantri, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama