BATANG – Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4,4 mengguncang Kabupaten Batang, Jawa Tengah, siang tadi. Guncangan gempa ini mengakibatkan 4 orang warga terluka dan 9 rumah rusak di Desa Lebo, Warungasem, Batang.
Dilansir detikJateng, Kabid Kedaruratan dan Logisik BPBD Batang, Muhamad Fajri, mengatakan titik gempa ini berada di wilayah Desa Kaliwareng, Kecamatan Warungasem. Gempa ini juga dilaporkan berimbas pada rusaknya atap Masjid Agung Batang, bangunan SMPN 7 Batang dan SD Kalisalak, Kecamatan Batang.

“Ada empat korban luka di RSUD Kalisari Batang. Satu pria, tiga wanita. Keempatnya rawat jalan setelah dilakukan penanganan,” kata Fajri kepada detikJateng, Minggu (7/7/2024) sore.

“Dampak terjadi di tiga wilayah kecamatan yaitu Warungasem, Kota Batang, dan Wonotunggal. Kerusakan rumah di Candiareng dan Lebo (Kecamatan Warungasem). Terparah di Desa Lebo, ada 9 rumah rusak,” sambungnya.

Menurut Fajri, gempa yang terjadi kali ini termasuk gempa ringan. Namun, dia mengimbau agar warga tetap waspada akan gempa susulan.

“Ini termasuk gempa ringan ya. Kita lihat di lapangan belum diperlukan soal pengungsian. Kami imbau masyarakat untuk waspada bila terjadi gempa susulan. Kami koordinasikan dengan pihak desa juga,” ujar Fajri.

sumber: detiknews

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia