Banjarnegara – Beredar sebuah video di grup WhatsApp yang menampilkan seorang pria tampak tergeletak di pinggir jalan desa kawasan Banjarnegara. Dalam video tersebut disebutkan, bahwa pria itu merupakan korban begal.

Kapolres Banjarnegara AKBP Erick Budi Santoso, mengatakan video pria tergeletak di pinggir jalan terjadi di Desa Kalisemi, Kecamatan Banjarnegara, pada Jumat (5/7/2024), sekitar pukul 19.00 WIB. Setelah mendapat laporan, pihaknya langsung melakukan penyelidikan.

“Terkait video itu, setelah ada laporan langsung kami lakukan penyelidikan soal dugaan pencurian dengan kekerasan (curas),” ujarnya saat dihubungi detikJateng, Minggu (7/7/2024).

Namun berdasarkan hasil penyelidikan, pria tergeletak di pinggir jalan itu ternyata bukan korban begal. Pria dalam video hanya berpura-pura menjadi korban begal.

“Dari hasil pemeriksaan, itu bukan korban curas, tapi dia berpura-pura menjadi korban. Itu sudah direncanakan oleh pelaku,” ungkap Erick.

“Pelaku menggunakan uang milik koperasi. Dia merupakan karyawan salah satu koperasi,” lanjutnya.

Untuk meyakinkan warga, pelaku juga merekayasa dengan membuat luka-luka pada tubuhnya. Bahkan, ia sengaja meminta temannya untuk benar-benar memukulnya.

“Mengenai luka-luka memang ada. Itu dipukul oleh temannya karena diperintah oleh pelaku,” jelasnya.

Dari keterangan pelaku, dia merekayasa menjadi korban pembegalan lantaran membawa uang koperasi. Saat ini pelaku sudah diamankan di Polres Banjarnegara untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Itu karena pelaku membawa uang koperasi. Saat ini pelaku sudah diamankan untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ujarnya.

Sementara itu, dalam video juga sempat disebutkan, sejumlah barang milik pria itu dibawa kabur pencuri, seperti motor, hp, dan tas. Kemudian, pelaku ini sempat dibawa ke RSUD Banjarnegara untuk pemeriksaan luka-lukanya.

sumber: detikjateng

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia