BATANG – Kepala Kepolisian Daerah (KaPolda) Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengunjungi lokasi terdampak gempa di Desa Lebo, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang. Dirinya memastikan bantuan dari pihak kepolisian sampai ke para korban gempa.

“Hari ini kita siapkan dapur umum dari kita, yang kedua kita bantu perbaikan rumah, Polda sendiri Bekerjasama dengan stakeholder di wilayah Batang untuk dalam rangka recovery daripada musibah ini,” katanya di lokasi dapur umum, Senin (8/7).

Ia juga menyebut jajarannya menyediakan trauma healing untuk anak-anak. Tujuannya agar anak-anak yang terdampak gempa tidak memiliki trauma.

Kapolda juga menyebut menyediakan dapur umum untuk membantu para korban dan relawan. Lalu juga 1.000 sak semen untuk perbaikan bangunan rusak.

“Dapur umum untuk mereka yang belum siap karena rumahnya masih rubuh dan sebagainya kita bantu makanan siap saji, dari Brimob. Yang masak anggota polwan semua itu, kemudian ada 1.000 sak semen nanti koordinasi kumandannya pak Ulul (Plt BPBD Batang),” ucapnya

Irjen Pol Ahmad Luthfi memastikan keberadaan dapur umum untuk para korban. Pihaknya tidak membatasi waktu operasional dapur umum itu.

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menetapkan status tanggap darurat pascagempa 4,4 MG. Hal itu disampaikan saat apel bersama penanganan pascagempa di Jl Veteran, Kabupaten Batang.

“Status gawat darurat dilakukan satu hingga dua Minggu, kita ambil waktu satu Minggu dulu, semoga sudah selesai,” kata Lani, Senin (8/7).

Ia menyebut data terkini dampak gempa antara lain 49 rumah rusak. Rinciannya adalah 32 rumah rusak ringan, 12 rusak sedang dan lima rusak berat.

Jumlah itu bisa terus bertambah sebab pendataan dampak gempa masih belum selesai. Hingga saat ini tim dari BPBD, TNI, Polri serta relawan terus melakukan pendataan. (**)

sumber : rmoljawatengah.id

 

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia