HUMBAHAS – Pesona Humbahas Festival Vocal Trio Se-Kawasan Danau Toba sukses digelar, di Objek Wisata Geosite Sipinsur, Desa Pearung, Kecamatan Paranginan, Sabtu (27/7/2024).

Festival yang dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT ke-21 Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) ini dibuka oleh Sekda Humbahas Chiristison Rudianto Marbun MPd dan diikuti oleh 21 peserta trio.

Dalam sambutan Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor SE yang dibacakan Sekda Humbahas Chiristison Rudianto Marbun MPd mengatakan, keikutan para peserta festival dapat menjadi cikal bakal dalam upaya melestarikan kekayaan seni musik Batak Toba yang bernilai sejarah agar tetap eksis dan berkembang serta tidak hilang ditelan zaman.Melalui event ini juga, diharapkan bangkitnya para pelaku atau pegiat pariwisata di Kabupaten Humbahas dan warga selalu berkontribusi menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya yang luhur.

Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Humbahas, Jakkon H Marbun SE MM dalam laporannya menyebutkan, tujuan dari Pesona Humbahas Festival Vocal Trio Se-Kawasan Danau Toba ini adalah untuk mencari dan menjaring bakat-bakat penyanyi Batak yang tersebar di sekitar Kawasan Danau Toba. Festival ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi mereka untuk mengembangkan bakat dan potensi mereka di bidang tarik suara.Jakkon menambahkan, para juara dalam acara ini akan tampil kembali pada acara HUT ke-21 Kabupaten Humbahas di Lapangan Merdeka Doloksanggul pada, Senin 29 Juli 2024 nanti.

Adapun pemenang Pesona Humbahas Festival Vocal Trio Se-Kawasan Danau Toba ini yaitu Juara I Agave Trio, Juara II Hubers Voice, Juara III Hutasoit Trio, Harapan 1 The Nada Voice, Harapan 2 Nauli Voice dan Harapan 3 Smandu TrioHadir juga dalam kegiatan ini, Asisten Administrasi Umum Tua Marsatti Marbun, pimpinan OPD, Wakil Ketua TP PKK Ny Erma Oloan Paniaran Nababan, Ny Anna Dewi Chiristison Rudianto Marbun, Wakil Ketua Bhayangkari Polres Humbahas Ny Rika Muslim, Camat Paranginan dan kepala desa.

sumber: hariansib

 

Polres Humbang Hasandutan, Polres Humbahas, Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto, Hary Ardianto, Kepolisian Resor Humbahas, Polisi Humbahas, Kepolisian Resor Humbang Hasandutan