REMBANG – Tim cooling system Mabes Polri yang dipimpin Kaba Intelijen dan Keamanan Polri KOMJEN Drs. Syahar Diantono, M.Si., melaksanakan kunjungan di Ponpes Kauman Desa Karangturi Kec. Lasem Kab. Rembang Jawa Tengah. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari Operasi Nusantara Cooling System untuk menjaga situasi agar aman dan damai menjelang Pilkada 2024.

Kaba Intelijen dan Keamanan Polri ke Ponpes Kauman Karangturi, Lasem, Rembang, Jawa Tengah. “Silaturahmi ini merupakan upaya cooling system guna memelihara situasi kondusif selama rangkaian tahapan Pemilu 2024,” kata Kaba Intelkam Polri. (Minggu, 04/08/2024)

Pada kesempatan itu, Kaba Intelijen dan Keamanan Polri KOMJEN Drs. Syahar Diantono, M.Si., beserta tim di dampingi oleh Kapolres Rembang AKBP Suryadi, SIK., M.H., Waka Polres Rembang, Kompol Muhammad Fadlan, S.H., S.I.K., Pengasuh PP. Kauman Lasem K.H. Zaim Ahmad Ma’shoem, Kasat Reskrim Res Rembang, Kasat Lantas Res Rembang, Kapolsek Lasem  Kasat Intelkam Res Rembang, Ketua PCNU Lasem Dr. KH. Moh. Solahudin Fatawi, M.,Pd.I., Ketua MWC NU Lasem Ustadz Mulyoko, Kepala Desa Sumbergirang Bp. Edi Sunarno, juga meninjau ponpes untuk melihat fasilitas-fasilitas pendidikan yang sangat lengkap dan memadai.

“Dimana, disinilah hal sangat penting guna mencetak SDM Santri yang unggul, berintegritas, berdaya saing dan berakhlakul karimah demi memetik manfaat bonus demografi,” kata Kaba Intelkam Polri sesuai arahan Kapolri.

Ia membeberkan, bahwa pertemuan dengan pimpinan ponpes berlangsung dengan hangat. “Kami berdiskusi dengan hangat, membahas tentang upaya-upaya bersama dalam merawat persatuan dan kesatuan yang merupakan modal terpenting untuk pembangunan bangsa menuju Indonesia Emas 2045,” tandasnya.

Untuk diketahui upaya cooling system terus dilakukan Polri untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar tidak terpecah-belah di Pilkada 2024. Untuk itu telah di bentuk Operasi Nusantara Cooling System (NCS) 2023-2024 yang dilaksanakan sejak 11 September berdasarkan Surat Perintah Kapolri, Sprin/2439/OPS.1.1/2023 pada 25 Agustus 2023.

Kaba Intelijen dan Keamanan Polri KOMJEN Drs. Syahar Diantono, M.Si., sebagai Ketua Tim Operasi (Kaops) NCS. Operasi ini mengedepankan upaya-upaya preemtif dan preventif untuk mengeliminir terjadinya konflik sosial setelah Pilkada 2024.

Berbagai upaya yang telah dilakukan yakni mengunjungi para tokoh agama, masyarakat dan organisasi kepemudaan seperti Ketua Ponpes Pengasuh PP. Kauman Lasem K.H. Zaim Ahmad Ma’shoem, di Lasem, Rembang, Jawa Tengah saat ini. Kaba Intelkam Polri mengajak para tokoh-tokoh tersebut untuk menyerukan pesan damai kepada masyarakat agar tidak terjadi polarisasi.

Selain itu kegiatan yang dilakukan dalam Operasi Nusantara Cooling System yaitu kegiatan bakti sosial membagikan sembako, memperbaiki dan menambah fasilitas masyarakat, kemudian mengajak seluruh lapisan masyarakat dalam deklarasi damai.

Pukul 13.30 WIB, Rombongan meninggalkan lokasi Ponpes Kauman, kunjungan berjalan aman dan lancar.

Polres Rembang, Kapolres Rembang, AKBP Suryadi, Suryadi, Kabupaten Rembang, Pemkab Rembang, PolisiNgajiPolisiNyantri, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Rembang, Polisi Rembang, Artanto, Ribut Hari Wibowo