Banyumas  – Kementerian Pertanian ( Kementan) mulai Senin ( 5/8/2024) melakukan Gerakan Minum Susu, yang dilakukan di SD yang ada di Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas. 5.100 siswa SD dan MI di Kecamatan Banyumas, setiap pekannya mendapatkan bantuan susu murni ( susu pasteurisasi) dengan netto 200 ml.

Secara resmi Gerakan Minum Susu diluncurkan di SDN 1 Sudagaran oleh Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro dan Ses Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan drh. Makmun.

Menurut Makmun, Banyumas dipilih sebagai Gerakan Minum Susu karena di wilayah ini, terdapat Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTUHPT) Baturraden yang memiliki peternakan sapi perah, sehingga memudahkan produksi dan distribusi susu.

Setiap harinya petugas dari BBPTUHPT Baturraden membagikan sekitar 1000 botol susu kepada SD yang ada di Kecamatan Banyumas.

“ Susunya ini kami datangkan secara langsung dari BBPTUHPT Baturraden, kami distribusikan langsung ke sekolah- sekolah. Kalau ini ada hubungan dengan makan bergizi gratis dari programnya Pak Prabowo, kami melakukanya tidak ada kaitannya,” kata Makmun.

Sementara itu, Hanung Cahyo S menyatakan senang dengan adanya program dari Kementan di Banyumas. Sehingga menjadi intervensi perbaikan gizi bagi anak SD yang ada di wilayahnya.

Sebab Banyumas angka kemiskinan mencapai 207 ribu orang, dan 12.600 orang kategori miskin ekstrim. Kemudian stunting di Banyumas 20,9 persen, oleh karenanya dengan Gerakan Minum Susu dapat meningkatkan kesehatan dan menurunkan stunting di Banyumas.

“ Dengan adanya Gerakan Minum Susu ini, menjadi cara kita bersama meningkatkan gizi terutama bagi keluarga miskin dan miskin ekstrim di Banyumas,” kata Hanung.

Kementan memastikan susu yang dibagikan kepada anak SD ini, bebas dari gula, sehingga selain bergizi juga sehat.

 

Polresta Banyumas, Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Dr. Ari Wibowo, S.I.K., M.H., Pemkab Banyumas, Kabupaten Banyumas, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Kota Banyumas, Polisi Banyumas, Ari Wibowo, Artanto, Ribut Hari Wibowo