BANYUMAS – Tiga lahan terbakar di Kabupaten Banyumas pada hari Minggu (11/8/2024) lalu. Kini, dalam sehari dua lahan mengalami kebakaran yakni di Kecamatan Purwokerto Selatan dan Eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gunung Tugel, Kecamatan Patikraja, Rabu (14/8/2024).

Kepala UPT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satpol PP Kabupaten Banyumas, Andaru Budilaksono memberikan penjelasannya. Dia mengungkapkan bahwa untuk kebakaran lahan di Jalan Gerilya Barat, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Purwokerto Selatan terjadi sekitar pukul 11.15 WIB. Pihaknya mendapati laporan dari masyarakat jika tiba-tiba ada api yang membesar di lahan kosong yang dipenuhi rumput ilalang itu.

“Kemudian disusul kebakaran lahan yang kedua di eks TPA Gunung Tugel di Desa Kedungrandu, Kecamatan Patikraja sekitar pukul 14.00 WIB,” kata dia, Kamis (15/8/2024).

Dari hasil investigasi pihak Pemadam Kebakaran, diduga kebakaran bersumber dari kelalaian oknum masyarakat setempat yang sengaja membakar sampah atau rumput kering. Lalu, ditinggal pergi tanpa mengondisikan pembakaran tersebut. “Beruntung personel kami berhasil memadamkan dua lokasi kebakaran tersebut dengan aman dan selamat, sehingga api tidak meluas,” ujarnya.

Meskipun tidak ada korban jiwa dan kerugian material, lanjut Andaru, pembakaran lahan atau rumput kering dapat menimbulkan asap tebal hingga menganggu pernapasan. Selain itu, mengganggu pandangan warga sekitar maupun pengguna jalan yang melintas. Terlebih lagi di musim kemarau ini, membakar sesuatu tanpa diperhatikan api dengan cepat akan membakar sekitarnya dan berbahaya jika sampai ke pemukiman warga.

 

Polresta Banyumas, Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Dr. Ari Wibowo, S.I.K., M.H., Pemkab Banyumas, Kabupaten Banyumas, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Kota Banyumas, Polisi Banyumas, Ari Wibowo, Artanto, Ribut Hari Wibowo