Wonogiri – Polisi telah menangkap pelaku tabrak lari yang menewaskan anggota Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis) Wonogiri bernama Fannisyahrul Risqi (16). Pelaku merupakan seorang sopir truk yang ditangkap di Trenggalek, Jawa Timur.

Pelaku berinisial DS (43), warga Dawuhan, Trenggalek, ditangkap jajaran Satlantas Polres Wonogiri, pada Minggu (18/8/2024). Pelaku diamankan bersama truk yang dikemudikannya saat kecelakaan.

“Iya (pelaku tabrak lari di Eromoko sudah ditangkap), kemarin (Minggu, 18/8/2024) sore,” kata Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Subroto kepada detikJateng, Senin (19/8).

Dijelaskan lebih lanjut oleh Subroto, saat kejadian tabrak lari itu DS mengemudikan Truk Mitsubishi Light berpelat nomor AG 8035 UY. Kini DS pun telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Telah dilakukan penyitaan terhadap barang bukti yang terlibat kecelakaan tersebut. Sopir sudah ditetapkan tersangka,” ungkap dia.

Menurut Subroto, pelaku ditangkap setelah pihaknya melakukan olah TKP kecelakaan dan langsung menelusuri jejak pelaku tabrak lari. Salah satu barang bukti dijadikan pedoman penelusuran adalah CCTV di salah satu warung atau toko.

“Truk itu muncul di CCTV, kemudian kami telusuri. Ternyata pemiliknya orang Trenggalek. Kemarin siang kami eksekusi di Trenggalek,” ujar dia.

Pelaku juga telah mengakui perbuatannya saat ditangkap. Selain itu, terdapat kerusakan di bagian selebor truk. Hal itu juga sebagai bukti kendaraan sempat mengalami kecelakaan.

“Ya katanya (melarikan diri) takut, dan risiko di masyarakat,” kata Subroto.

Atas perbuatannya itu, tersangka dikenakan pasal 310 ayat 4, ayat 1 dan Pasal 312 UU RI No.22/2009, tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan. Pelaku terancam 9 tahun penjara.

Diberitakan sebelumnya, anggota Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis) Wonogiri meninggal dunia setelah menjadi korban tabrak lari. Korban bernama Fannisyahrul Risqi (16) yang merupakan siswi asal SMA N 1 Pracimantoro.

Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Subroto, mengatakan kecelakaan terjadi di Jalan Raya Eromoko-Pracimantoro, tepatnya di depan SDN 1 Sindukarto, Desa Sindukarto, Kecamatan Eromoko, pada Sabtu (17/8), pukul 12.10 WIB. Kecelakaan itu melibatkan sepeda motor Honda Vario H-6590-AH dengan mobil yang tidak dikenal.

Lebih lanjut dijelaskan, sepeda motor itu dikendarai oleh Arlina Miesa Oktavia (17) warga Ploso, Desa Suci, Kecamatan Pracimantoro Wonogiri. Sedangkan pembonceng sepeda motor adalah Fannisyahrul Risqi (16) warga Pule, Desa Johunut, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri.

Akibat kecelakaan itu, Fannisyahrul dinyatakan meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit. Sementara Arlina mengalami luka di kepala dan saat ini dirawat di RSUD Wonogiri.

sumber:  detikjateng

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo