SEMARANG – Polda Jateng bakal menggelar latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di Simpang Lima Semarang, Kamis 5 September 2024.

Dalam pelaksanaan latihan Sispamkota di Lapangan Simpang Lima Semarang ini bakal ada penutupan jalan untuk sementara.

Hal ini disampaikan oleh Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Artanto pada Rabu 4 September 2024.

“Jadi besok hari Kamis Polda Jateng khususnya dari Biro Operasi akan melaksanakan latihan penanggulangan konflik, khususnya dalam rangka pengamanan pilkada di tahun 2024 bertempat di Simpang Lima. Jadi kami mrngimbau kepada warga semarang, besok pagi apabila akan melewati Simpang Lima kalau ada kegiatan ya mohon maaf agak terganggu. Karena ada banyak kegiatan dalam jumlah pasukan yang cukup besar gabungan antara TNI-Polri dan stakeholder dan juga undangan yang lain,” papar Artanto.

Artanto menambahkan jika pihaknya mempersilakan masyarakat yang ini melihat.

Pasalnya pelatihan Sispamkota ini juga bagian dari edukasi kepada masyarakat.

“Kalau ada masyarakat yang ingin melihat dipersilahkan, itu bagian dari edukasi kita pada masyarakat terkait kesiapan Polda dalam rangka menghadapi pengamanan di Pilkada tahun 2024/2025,” paparnya.

Adapun untuk aparat yang terlibat juga cukup banyak tidak hanya TNI/Polri saja tetapi juga unsur yang lain.

“Unsur yg dilibatkan dari Polri, TNI, dari pemerintah Satpol PP, Damkar unsur Dinas Kebersihan dan sebagainya. Jadi tadi saya sudah melihat gladi resiknya dan besok kita akan melaksanakan istilahnya penampilan atau kegiatan yang sesungguhnya,” terangnya.

Lebih lanjut dalam latihan nanti berisi simulasi bagaimana menghadapi unjuk rasa.

“Simulasinya bagaimana kita menghadapi aksi unjuk rasa, yang kedua bagaimana kita melakukan pengamanan atau Walpri (Pengawalan Pribadi) atau pengamanan kepada Cagub, Cabup, Cawalikota. Semua disiapkan oleh Polri,” ujarnya.

Sebelum simulasi ini, masing-masing petugas sudah melakukan latihan. Misalnya dari pengawalan lalu lintas untuk kendaraan, Brimob sampai Sabhara.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo