SEMARANG – Hari Minggu menjadi waktu yang paling tepat digunakan oleh warga Kota Semarang untuk melepas penat dari rutinitas bekerja. Menghabiskan waktu di kawasan Simpang Lima yang bebas dari kendaraan bermotor atau car free day (CFD) sering kali menjadi aktivitas pilihan.

Hal ini juga dilakukan oleh calon wali kota Semarang, Yoyok Sukawi. Di tengah kesibukannya, dia mengawali hari Minggu (8/9/2024) pagi ini dengan meramaikan CFD di Simpang Lima.

Yoyok Sukawi mengajak putri kecilnya, Kinan, untuk datang ke CFD di Simpang Lima. Dengan rasa semangat dan penuh kegembiraan, dia melakukan berbagai kegiatan menarik. Mulai dari senam sehat, menjajal sepeda listrik, berinteraksi dengan warga, hingga mengunjungi stan UMKM.

Awalnya Yoyok mengikuti senam sehat di Jalan Pahlawan yang diadakan oleh Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria) Gerindra Kota Semarang. Di sana Yoyok bergabung dengan masyarakat untuk senam sehat dan juga berjoget mengikuti alunan musik. Di sela acara senam, banyak warga yang mencoba meminta foto bersama. Dengan ramah, Yoyok Sukawi melayani satu persatu warga yang meminta izin untuk foto bersama. Kegiatan ini pun semakin seru, karena mulai banyak berdatangan warga lain yang juga ingin ikut foto.

Pada kesempatan itu, calon wakil wali kota dari Koalisi Semarang Maju Bermartabat, Joko Santoso juga ikut bergabung. Di stan tersebut hadir pula Sudaryono, Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah (Jateng) yang juga Wakil Menteri Pertanian RI, Sudaryono. Ada juga Ketua Harian Satria Gerindra Jateng, Dwi Yasmanto dan Anggota DPRD Jateng dari Fraksi Gerindra, Yudi Indras.

Selanjutnya calon wali kota bernama asli AS Sukawijaya itu mengajak putrinya untuk menjajal sepeda motor listrik dan kebetulan bertemu dengan salah satu influencer Kota Semarang, Dona Trisukma. Mereka pun mengelilingi ruas Jalan Pahlawan dengan sepeda motor listrik tersebut. Keduanya terlihat senang menikmati jalanan yang bersih dari polusi udara.

Selepas itu Yoyok berlari-lari kecil. Saat itu dia juga menyapa dan berinterkasi dengan masyarakat lain. Beberapa warga yang menyadari keberadaannya pada acara CFD di Simpang Lima itu kemudian juga meminta berswafoto. Yoyok menyambut ajakan foto bersama dari warga dengan senang hati.

Sebelum menutup kegiatan pagi ini, CEO PSIS tersebut mengunjungi stan UMKM. Mulai dari stan UMKM kerajinan tangan, aksesori, hingga makanan. Yoyok juga terlihat sempat berbincang dengan sejumlah pelaku UMKM yang menjajakan produk lokal unggulan tersebut.

Yoyok Sukawi mengatakan, bahwa dia datang ke CFD di Simpang Lima Semarang untuk menikmati suasana kota yang bersih dari asap kendaraan dan juga polusi udara. Selain itu, dia juga sengaja berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

“Hari ini saya datang ke CFD untuk melihat suasana pusatnya Kota Semarang, di kawasan Simpang Lima yang saat CFD udaranya segar. Meskipun sinar mataharinya terik, tapi udara di sini cukup bersih dan tidak tercemar oleh asap kendaraan,” ujar dia.

Menurutnya, aktivitas olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Bukan hanya fisik saja, melainkan juga kesehatan mental karena seseorang butuh penyegaran setelah lima hari aktif bekerja dan melakukan rutinitas.

“Saya juga sengaja mengajak anak saya, Kinan. Saya ajak dia senam, jogging, dan juga tadi sempat mencoba sepeda listrik. Bagi saya aktivitas olahraga semacam ini sangat penting bagi semua kalangan, baik anak-anak, remaja, hingga lansia,” ucap Yoyok Sukawi.

Yoyok Sukawi juga menyampaikan bahwa dirinya sempat berbincang dengan Ketua DPD Gerindra Jateng, Sudaryono pada acara CFD kali ini.

CEO PSIS ini menyebut bahwa pertemuan dengan Sudaryono dalam dua hari ini menambah semangat dalam menjalankan aktifitas ke depan.

“Tadi salaman, jabat tangan sama Mas Dar ditemani Mas Joko juga. Dua hari ini kami ketemu terus sekaligus silaturahmi sudah lama gak ketemu,” ucap Yoyok Sukawi.

sumber: halosemarang

 

Polrestabes Semarang, Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar, Kota Semarang, Pemkot Semarang, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Kota Besar Semarang, Polisi Kota Besar Semarang, Artanto, Ribut Hari Wibowo