Palangka Raya – Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, melaksanakan audiensi bersama para Jurnalis yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng, di Lobi Mapolda setempat, Rabu (11/9/2024).

Dalam audiensi kali ini, Kapolda Kalteng didampingi Karoops Kombes Pol Dedi Wiratmo, S.IK., M.H., dan sejumlah pejabat utama serta turut dihadiri Ketua PWI Kalteng M. Zainal beserta lima pengurus PWI lainnya.

Kapolda Kalteng menyebut bahwa media merupakan mitra Polri yang bertugas menyampaikan informasi kepada masyarakat untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif.

“Oleh karena itu, media sebagai mitra Polri diharapkan dapat mendukung dan menciptakan kamtibmas khususnya menjelang Pilkada serentak tahun 2024 terutama di wilayah Kalteng agar tetap aman dan nyaman,” ungkap Irjen Djoko.

Djoko juga menambahkan, tugas Polisi itu ada tiga yaitu menjaga Harkamtibmas, penegakkan hukum yang berkeadilan serta sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Untuk mewujudkan harkamtibmas sendiri bisa dilihat dari adanya potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata. Tiga hal inilah yang perlu diantisipasi sehingga tidak menimbulkan permasalahan kamtibmas,” ujarnya.

Djoko menambahkan bahwa saat ini pihaknya telah membentuk satgas penanganan konflik sosial (PKS) untuk meminimalisir terjadinya konflik khususnya menjelang Pilkada serentak 2024.

“Saya berharap kerjasama dari rekan-rekan PWI, karena Polisi tidak bisa bertugas dengan maksimal tanpa adanya bantuan dari media,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kalteng M. Zainal menuturkan bahwa audiensi ini dilaksanakan dalam rangka mempererat silaturahmi, sekaligus memperkuat sinergitas dengan jajaran Kepolisian, khususnya Polda Kalteng.

Zainal juga menegaskan bahwa saat ini pihaknya siap mendukung Polda Kalteng dalam hal menciptakan Kamtibmas yang aman dan nyaman.

 

Polda Kalteng, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Erlan Munaji, Kalimantan Tengah, Kalteng, Kepolisian Daerah Kalteng, Polisi Kalteng