Banyuwangi – Sebuah café di Dusun Krajan Timur,Desa Segobang Kecamatan Licin Banyuwangi kebakaran pada Rabu (18/09/2024) dini hari. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Banyuwangi berjibaku padamkan api yang melalap habis Café yang bernama Paglak Petung tersebut.

Kasi Penyelamatan dan Evakuasi Damkarmat Banyuwangi, Salam Bikwanto menjelaskan, musibah kebakaran ini diduga kuat akibat korsleting listrik.

“Berdasarkan keterangan saksi, penjaga cafe Hanipan (51) melihat percikan api di aliran listrik sebelum api membesar, jelas Salam kepada wartawan.

“Kami menerima laporan kebakaran sekitar pukul 00.46 WIB. Empat unit mobil pemadam kebakaran langsung kami kerahkan ke lokasi kejadian,” imbuhnya.

Setibanya di lokasi, tim Damkarmat mendapati api sudah membesar dan membakar hampir seluruh bagian cafe yang terbuat dari bahan yang mudah terbakar seperti kayu dan bambu.

“Angin yang cukup kencang saat itu membuat api cepat merambat,” ungkap Salam.

Tantangan terbesar dalam pemadaman ini adalah sulitnya akses menuju sumber api karena bangunan cafe yang cukup rapat dan berada di area persawahan. “Petugas kami harus bekerja ekstra keras untuk menjinakkan api,” jelas Salam.

“Berkat kerja keras seluruh petugas dan pihak yang membantu, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 02.00 WIB,” tambahnya.

Meskipun api berhasil dipadamkan, namun kerugian materi akibat kebakaran ini cukup besar. Seluruh bangunan cafe beserta isinya ludes terbakar.

“Akibat musibah ini, pemilik cafe, Ahmad Rosyidin (34) mengalami kerugian sebesar Rp400 juta,” kata Salam.

Pihak Damkarmat mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi kebakaran, dengan menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

“Jika terjadi kebakaran, segera laporkan kejadian ke nomor telepon darurat 122, kami,” pungkasnya.

sumber: kabarrakyat.id

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono