UNGARAN – Polres Semarang menyelidiki kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Gunung Telomoyo pada Rabu (18/9/2024) sore. Kapolres Semarang AKBP Ike Yulianto Wicaksono mengatakan, pendalaman atas kejadian tersebut untuk mengetahui penyebab kebakaran. “Kita belum bisa simpulkan, karena tim beserta relawan, Damkar dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), warga, dan TNI-Polri saat ini sedang fokus ke pemadaman,” ungkap Ike Rabu malam, di Desa Tolokan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang.

Menurut Ike, tim pemadaman dibagi dua, yakni tim pertama yang naik ke atas gunung untuk bergerak langsung ke lokasi. Lalu tim kedua, berada di permukiman untuk memantau api. “Sumber api di jurang, tebing. Sehingga itu bukan jalur pendakian sehingga masyarakat juga aman,” ujarnya.

“Untuk penyebab kebakaran hingga saat ini belum bisa dipastikan, anggota di TKP masih mendalami. Semua fokus untuk pemadaman dulu,” kata Ike. Sementara Kepala Desa Tolokan Dwi Wahono menyampaikan, tim yang turut serta dalam pemadaman kebakaran Gunung Telomoyo berasal dari relawan, BPBD dan Damkar Kabupaten Semarang, TNI-Polri, warga dan pengurus Basecamp Arsal serta Watu Tumpeng.

“Informasi kebakaran Telomoyo masuk Rabu pukul 17.00 WIB, dari Perhutani juga sudah ada petugas yang memantau,” ungkapnya. Wahono mengatakan, upaya pemadaman berlangsung lama karena medan atau area yang terbakar di Gunung Telomoyo tersebut cukup terjal dan curam. “Sehingga tim yang naik ke atas harus selalu berhati-hati, apalagi juga ada angin kencang di atas, untuk awal mula api bisa muncul belum diketahui,” ujarnya.

Sumber : regional.kompas.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo