SEMARANG – Memperingati hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-69, Korlantas Polri berkolaborasi dengan Polda Jateng gelar Bhayangkara Zebra Run 2024, Minggu (22/9/2024).

Kegiatan dipusatkan di Mapolda Jateng Jalan Pahlawan itu diikuti ribuan peserta yang terdiri dari para atlet lari dan masyarakat pecinta olahraga lari, memperebutkan 12 hadiah podium senilai Rp 31 juta.

Selain itu juga disediakan undian doorprize dengan hadiah utama sepeda motor dan sepeda listrik serta berbagai hadiah menarik lainnya.

Ada dua kategori yang diperlombakan yakni kategori master 10 kilometer dan kategori umum 5 kilometer.

Rute kategori master adalah Mapolda – Jl. Pahlawan – Simpang Lima – Jl. A. Yani – MT. Haryono – Bubakan – Kota Lama – Jl. Pemuda – MH. Thamrin – Jl. Pandanaran – Simpang Lima – Mapolda.

Rute kategori umum yakni Mapolda – Jl. Pahlawan – Simpang Lima – Jl. Gajahmada – Jl. Depok – MH. Thamrin – Jl. Pandanaran – Simpang Lima – Mapolda.

Kakorlantas Irjen Pol Aan Suhanan juga hadir didampingi Kapolda Jateng Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Pangdam IV/Diponegoro, serta Walikota Semarang mengibarkan bendera start.

Irjen Aan mengatakan acara ini tidak hanya sebagai perayaan ulang tahun, tetapi juga sebagai wujud nyata kedekatan antara Polri, khususnya Polantas, dengan masyarakat.

“Kegiatan ini menjadi momen kebersamaan untuk mendekatkan diri pada masyarakat. Kami ingin hadir di tengah-tengah masyarakat, berbagi dan bersama-sama membangun negeri ini,” ujarnya.

Pihaknya menegaskan pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas).

Hal itu sangat penting karena mengingat angka kecelakaan di jalan raya masih cukup tinggi.

“Setiap hari, ada 3 (tiga) orang meninggal dunia di jalan raya. Ini berarti setiap hari ada anak yang kehilangan orang tuanya, ibu yang kehilangan anaknya, atau seorang istri yang kehilangan suami. Tragedi ini sangat menyedihkan dan harus menjadi perhatian kita semua,” tuturnya.

Ia berharap acara Bhayangkara Zebra Run ini bisa menjadi langkah awal untuk mengajak masyarakat bersama-sama menciptakan keamanan dan keselamatan di jalan raya.

“Mari jadikan momen ini sebagai komitmen bersama untuk membangun keamanan dan keselamatan berlalu lintas. Kita semua bertanggung jawab atas keselamatan di jalan,” ujarnya.

Sumber : TRIBUNJATENG.COM

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo