SALATIGA– Polres Salatiga menyiapkan 40 anggota pengawal pribadi (walpri), bagi calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Salatiga pada Pilkada 2024 ini. Pilkada diikuti oleh 3 pasangan masing-masing calon baik Walikota maupun Wakil Walikota mendapatkan 6 walpri yang bertugas melekat mulai saat penentuan nomor urut paslon.

“Personil walpri sebelumnya mendapatkan pelatihan di Mako Satbrimob Polda Jateng, dari ratusan personil yang mengikuti seleksi, 40 personil dinyatakan lulus , dan selanjutnya mengikuti berbagai pelatihan Walpri, 36 personil melekat pada masing-masing paslon, 4 personil, ” kata Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari, Selasa (24/9/2024).

Ia menambahkan, Walpri juga telah lulus berbagai tes, termasuk tes psikologi, dan telah menjalani pelatihan yang mencakup kemampuan menembak, bela diri, proteksi VIP, serta pelatihan fisik lainnya. “Pengawalan dilakukan untuk kesiapsiagaan dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya berbagai potensi permasalahan,” jelas Aryuni.

Yang tidak kalah penting Walpri agar bertindak profesional, prosedural, dan humanis, sehingga tugas pengawalan dapat berjalan aman dan lancar, dan tetap menjaga netralitas. Walpri tidak boleh lengah dalam mengantisipasi ancaman dan gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi dan berdampak bagi keselamatan calon kepala dan wakil kepala daerah, tugas Walpri adalah suatu kehormatan bagi Polri, sehingga netralitas dan profesionalisme personil Walpri harus dijaga sepanjang pelaksanaan tugas.

sumber; krjogja.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo