SURAKARTA – Kader senior PDIP Surakarta, Purwono, menyampaikan pernyataan penting pada hari Rabu (25/9). Dalam kesempatan tersebut, ia mengajak seluruh masyarakat Kota Solo untuk bersama-sama menjaga suasana yang kondusif menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Purwono menegaskan pentingnya menciptakan ketenangan dan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari demi kelancaran proses demokrasi yang telah disepakati bersama. “Untuk semua warga masyarakat Kota Solo, mari kita ciptakan iklim suasana yang kondusif agar demokrasi yang kita sepakati dapat berjalan dengan baik,” ucapnya.

Ia juga berharap agar proses Pilkada, mulai dari tahap awal hingga akhir, dapat berlangsung dengan aman. Purwono mengingatkan agar semua pihak menghormati dan menerima hasil akhir dari proses tersebut. “Mudah-mudahan dalam proses Pilkada sampai akhir, semuanya menjaga iklim keamanan dan saling menghargai apapun hasilnya,” tambahnya.

Dalam pernyataannya, Purwono menekankan bahwa demokrasi harus dapat memberikan manfaat positif bagi kehidupan masyarakat. “Demokrasi harus bisa menumbuhkembangkan kehidupan masyarakat yang baik, dan itulah ciri demokrasi Pancasila,” jelasnya.

Purwono juga mengajak masyarakat Solo untuk bersama-sama mensukseskan Pilkada 2024, sembari tetap menjunjung tinggi rasa hormat kepada siapapun yang akan terpilih sebagai pemenang. “Mari bersama-sama kita sukseskan Pilkada 2024, siapapun pemenangnya kita hormati sama-sama,” ujarnya.

Lebih lanjut, Purwono mengingatkan pentingnya kebijaksanaan dan kedewasaan dalam menyikapi proses demokrasi yang telah disepakati bersama. “Kita harus bijak dan dewasa dalam menyikapi demokrasi yang kita sepakati bersama-sama,” tegasnya.

Ia menutup pernyataannya dengan menyoroti peran penting Kota Solo sebagai contoh dalam proses demokrasi di Indonesia.”Solo harus kondusif dan Solo harus menerima apapun hasil dari proses demokrasi, Solo sebagai percontohan proses demokrasi di Indonesia,” pungkasnya.

Pernyataan Purwono ini diharapkan dapat menjadi seruan bagi seluruh warga Solo untuk menjaga kedamaian dan sikap saling menghargai dalam menghadapi Pilkada 2024. (*)