LAMANDAU – Deklarasi kampanye damai yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamandau, Senin (23/9) lalu, mendadak viral dalam dua hari terakhir.

Sebab, beredar video seseorang yang menebarkan uang kepada massa yang berjoget di bawah panggung.

Aksi tersebut terjadi saat pentas hiburan musik berlangsung di hadapan sejumlah tamu undangan yang menghadiri acara.

Aksi kurang terpuji itu langsung menuai kritikan masyarakat, serta salah satu paslon.

”Tindakan ini sangat memalukan. Apakah diperbolehkan dalam acara deklarasi damai salah satu tim paslon menghamburkan uang dan menyuarakan yel-yel dengan mikrofon di tengah acara?” ujar Ani, salah seorang warga.

Sejumlah pihak menilai hal itu mencoreng semangat deklarasi damai dan harus menjadi perhatian serius bagi KPU dan Bawaslu.

Ketua KPU Lamandau Wawan Kusnadi mengatakan, insiden tersebut terjadi setelah deklarasi kampanye damai selesai atau acara ditutup.

”Hal tersebut terjadi secara tiba-tiba, spontan, dan kegiatan sudah berakhir. Saya sudah kembali ke kantor dan para tamu undangan sebagian sudah pulang. Karena setelah acara selesai diisi hiburan, sembari menunggu para tamu undangan pulang semua.

Hal tersebut juga sudah ditangani Bawaslu Lamandau,” katanya.

Ketua Bawaslu Lamandau Yustedi juga menyesalkan kejadian tersebut. Dia memastikan Bawaslu akan menindaklanjuti peristiwa ini sesuai prosedur yang berlaku.

”Kami jadikan sebagai Informasi awal terlebih dahulu dan masukkan dalam Laporan Hasil Pengawasan (LHP). Selanjutnya akan kami lakukan klarifikasi terlebih dahulu, baru dilakukan kajian terhadap kejadian tersebut,” ujar Yustedi.

Hasil penetapan KPU, Pilkada Lamandau tahun 2024 diikuti dua paslon, yakni Hendra Lesmana-Budiman dan paslon Rizky Aditya Putra-Abdul Hamid. Saat pengundian nomor urut, paslon Hendra-Budiman mendapatkan nomor 1 dan paslon Rizky-Hamid nomor 2.

Dalam deklarasi kampanye damai tersebut, semua pihak sepakat akan bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga pilkada di Lamandau berjalan lancar dan damai.

 

Polres Lamandau, Kapolres Lamandau, AKBP Bronto Budiyono, Kabupaten Lamandau, Pemkab Lamandau, Lamandau, Kepolisian Resor Lamandau, Polisi Lamandau, Bronto Budiyono