SURAKARTA – Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Surakarta, Kombes Pol Iwan Saktiadi mengungkapkan rasa bangga, dipercaya membawa obor api dalam rangkaian pawai obor (torch relay) Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII di kota Solo.

“Suatu kebanggaan yang tidak ternilai karena membawa obor api dan menjadi bagian dari sejarah Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII tahun 2024,” ujar Kapolresta Surakarta, di Balai Kota Solo, Minggu (29/09/2025).

Perwira Polisi berpangkat melati tiga di pundak tersebut, membawa obor api di bagian keempat.

Dia menerima obor tersebut dari Dandim 0735/ Surakarta Letkol Inf Eko Hardianto, di Jalan Slamet Riyadi Kota Surakarta.

Kapolresta Surakarta mendapatkan kehormatan sebagai pembawa obor api Peparnas XVII bersama dengan Forkompimda kota Surakarta.

Kebanggaan lainnya, lanjut dia, Polri dalam Peparnas XVII kali ini tak hanya bertugas mengamankan kegiatan, tapi juga dipercaya ikut berpartisipasi sebagai pembawa obor api.

“Saya sangat bersyukur karena bisa menjadi bagian dari sejarah Indonesia dengan membawa obor api Peparnas 2024 ini. Semoga Peparnas di Kota Solo ini memberikan energi yang kuat dalam merefleksikan dan mempromosikan kota Solo ke Indonesia bahkan mancanegara,” kata dia, seperti dirilis humas.polri.go.id.

Sementara itu dalam rangka pengamanan pawai obor api Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII di kota Solo, Minggu (29/9/2024), Kepolisian Resor Kota (Polresta) Surakarta menerjunkan 238 personil gabungan.

“Adapun 238 personil tersebut merupakan gabungan dari Polresta Surakarta, Kodim 0735/ Surakarta , Satpol PP dan Dishub kota Surakarta,” ucap Kombes Pol Iwan.

Kapolresta menjelaskan 238 personil gabungan tersebut, ditugaskan untuk mengawal dan mengamankan sepanjang jalan yang dilalui kirab api obor, mulai dari Plasa Manahan, kemudian start dari Stadion Sriwedari kemudian singgah di Simpang Ngarsopuro hingga finish di Balai Kota Solo.

Menurut rencana, pesta olahraga se-Indonesia ini akan dilaksanakan di 3 kota / Kabupaten yakni Solo, Kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar, mulai 06 Oktober hingga 16 Oktober 2024.

Adapun Pembukaannya akan digelar di Stadion Manahan tanggal, 06 Oktober 2024 dan rencana akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

sumber: halosemarang.id

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai