SEMARANG – Polda Jawa Tengah (Jateng) akan melakukan patroli skala besar untuk memberikan jaminan keamanan masyarakat dari ulah kelompok gangster. Menurut catatan kepolisian, sampai saat ini sekitar 19 kelompok gangster di Kota Semarang sudah menyatakan bubar. Namun, diduga masih ada kelompok-kelompok lain yang bisa berbuat onar dan kejahatan. Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Artanto menyambut baik kabar pembubaran kelompok gangster yang dilakukan di Mapolrestabes Semarang.

“Kita juga akan melakukan giat patroli secara besar dan hal itu untuk memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat kota semarang,” kata Artanto kepada awak media, Selasa (1/10/2014).

Dia juga meminta jajaran Polres di wilayah Polda Jateng untuk melakukan hal yang sama dan menggiatkan patroli secara besar-besaran. “Diharapkan ini akan memberikan jaminan kenyamanan masyarakat kota semarang dan akan kita sampaikan, kita tularkan ke kapolres jajaran Polda Jateng,” ucap dia.

Sementara itu, Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar menambahkan, fenomena gangster di Kota Semarang merupakan bentuk kenakalan remaja yang menimbulkan keresahan di masyarakat. “Mereka sudah mengarah ke tindakan kriminal membawa sajam bahkan melakukan tawuran menimbulkan kerugian nyawa luka,” ungkap Irwan. Hal ini membuat petugas harus mengambil tindakan tegas dengan mengambil langkah hukum.

“Yang pasti gangster kemudian memunculkan peristiwa yang memaksa para penegak hukum untuk melakukan upaya penindakan,” ucap dia. Irwan berharap peran keluarga dan lingkungan sekolah bisa melakukan pembinaan terhadap anaknya dalam rangka mencegah dan terulangnya peristiwa yang meresahkan tersebut.

“Kami berharap, peran keseluruhan untuk melakukan pembinaan melakukan pencegahan jangan sampai kemudian peristiwa yang akhir ini fenomena terbentuknya gangster di Semarang berbagai namanya itu tidak muncul kembali,” kata dia.

Sumber : KOMPAS.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo