MALANG – Hari pertama dinas di Bhumi Arema, Selasa (8/10) kemarin Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Nanang Haryono memberi sejumlah pesan kepada anggotanya.

Kedatangannya bersama Ny Nany Nanang Haryono di Mapolresta Malang Kota, kemarin disambut anggota sekaligus Kombes Pol Budi Hermanto beserta Ny Enic Budi Hermanto.

Kedatangan mantan Kapolresta Banyuwangi tersebut, disambut dengan pedang pora dan penyerahan syal Arema. Diiringi Kombes Pol Budi Hermanto beserta istri, Kombes Nanang langsung menyapa jajaran anggota beserta Bhayangkari Cabang Kota Malang Kota.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Nanang Haryono dan Istri mengikuti tradisi Pedang Pora dalam acara Lepas Sambut Kapolresta Malang Kota Baru di Halaman Kantor Kapolresta Malang Kota, Kota Malang, Selasa (8/10/2024). mpm-m firman
Saat Apel Farewell Party Pelepasan Kapolresta Malang Kota, Kombes Budi Hermanto mengungkapkan terima kasihnya. “Selama kami bertugas, apa yang kami capai sampai saat ini tak lepas dari kontribusi seluruh anggota,” ungkap Buher, sapaan akrabnya.

Melalui kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas bersama seluruh anggota Polresta Malang Kota, Kombes Buher berhasil menapaki tingkatan karier lebih tinggi. Selain mendapatkan promosi sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jawa Timur, ia juga mendapatkan kesempatan mengikuti Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri Dikreg ke-34 tahun 2025.

“Terima kasih telah membersamai kami selama bertugas di Kota Malang ini, selama tiga tahun, tiga bulan dan tiga minggu. Kami berharap agar prestasi, dedikasi dan kontribusi yang telah diberikan selama ini, bisa dilanjutkan dan ditingkatan di periode Kapolresta Malang Kota yang baru,” ujar Kombes Buher.

Sementara itu, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Nanang Haryono menyambung dengan berpesan kepada para anggota. Ada lima hal yang disampaikan, terdiri atas satu ungkapan hati, satu ungkapan permisi, dua pesan dan satu penghargaan.

“Kami menyampaikan agar setidaknya anggota tidak sampai melakukan pelanggaran. Kami nuwun sewu, pamit untuk bergabung. Kami berharap juga bisa menjadi keluarga bagi Polresta Malang Kota, dan warga Kota Malang,” imbuhnya.

Haru dan tangis melepas keberangkatan Kombes Buher, yang selanjutnya bertugas di Polda Jatim. Sebagai sosok yang banyak dicintai masyarakat Kota Malang, bahkan keberangkatannya juga diantar oleh berbagai anak disabilitas Malang Raya.

Kepada para anggota, Kombes Nanang menyampaikan bahwa di lingkungan polri itu terdapat empat tipe anggota. Tipe pertama adalah anggota yang tidak pernah melanggar dan prestasi.

“Kedua, tidak melanggar tetapi tidak berprestasi. Kemudian yang ketiga, ini berprestasi tapi melanggar dan keempat sudah melanggar tidak berprestasi. Kalau ada seperti tipe pertama saya bangga dan respect. Kalau tidak bisa, minimal jangan sampai membuat pelanggaran,” harapnya.

Ia menyebutkan berdasarkan data yang ia terima di Polresta Malang Kota sendiri terakhir melakukan Pemberhentian Dengan Tidak Hormat (PTDH) di tahun 2015 lalu. Saat itu, anggota yang dikenakan PTDH terlibat kasus narkoba.

“Jadi selama sembilan tahun ini, tidak ada pelanggaran berat yang dilakukan oleh anggota Polresta Malang Kota. Tentu, ini yang harus saya pertahankan, di tahun-tahun berikutnya,” ujar Alumnus Akpol tahun 2000, ini.

Dia mengatakan, tantangan era saat ini adalah digitalisasi. Di mana semua sektor sudah bergerak untuk perkembangan industri 5.0. Sehingga ia berharap ke depan Polresta Malang Kota akan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman, sekaligus mengikuti perkembangan dunia digital. “Kami menyampaikan, bahwa saat ini semua sektor telah dikuasi oleh teknologi. Sehingga masyarakat yang tak mampu mengikuti kecepatan perkembangan zaman akan kalah saing. Bukan yang kuat mengalahkan yang lemah, tetapi era saat ini yang cepat akan menggerus yang lambat” tandasnya.

Sumber : POSCO MEDIA

 

Polresta Malang Kota, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Nanang Haryono, Malang Kota, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Malang Kota, Resta Malang Kota, Kepolisian Resor Malang Kota, Polisi Resor Kota Malang, Polisi Malang Kota, Kota Malang, Pemkab Malang Kota, Kabupaten Malang Kota, Kodya Malang, Pemkot Malang Kota, Polisi Malang Kota, Kota Malang, Nanang Haryono