Polda Jateng – Kota Semarang | Sebagai langkah antusipasi dan mencegah balap liar serta kenakalan remaja di kota Semarang, Polda Jateng dan Polrestabes Semarang kembali menggelar patroli skala besar pada Sabtu (12/10/2024) malam. Kegiatan yang rutin dilakukan tiap malam sabtu dan malam minggu sesuai dengan perintah Kapolda Jateng Irjen Pol Ribut Hari Wibowo ini bertujuan untuk menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Pemilukada 2024 di Jawa Tengah.

Patroli skala besar dilaksanakan oleh gabungan satgas yang terlibat Operasi Mantap Praja Candi 2024 Polda Jateng dan Polrestabes Semarang dibagi menjadi 3 tim yang berpatroli di zona barat, timur dan selatan Kota Semarang. Sasarannya adalah wilayah yang sering terjadi gangguan masyarakat, khususnya yang terkait dengan balap liar dan tawuran.

“Tujuan dilaksanakannya patroli ini untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat. Terutama menjelang Pemilukada 2024 di Kota Semarang,” ujar Kabagops Polrestabes Semarang AKBP Asep Supiyanto saat memberikan arahan dalam apel gabungan di Pos Lantas Simpang Lima Kota Semarang pada Sabtu (12/10/2024) malam.

Dirinya menekankan agar seluruh personil melaksanakan patroli dengan serius. Dengan demikian tujuan utama patroli yaitu memberikan rasa aman kepada masyarakat dapat tercapai.

“Segera ambil tindakan terhadap segala aktivitas yang mengganggu keselamatan publik. Misalnya bila menemukan aktivitas mabuk di tempat umum, agar dilakukan penindakan tipiring. Hukumannya kalau bisa kurungan, jangan hanya denda sehingga ada efek jera,” tegasnya.

Selain menggelar patroli skala besar, pihaknya juga akan melanjutkan dengan patroli intensif yang melibatkan unit khusus “Patroli Presisi” dan “Tim Elang” dari Polrestabes Semarang. Tim tersebut akan melakukan patroli mulai tengah malam hingga jam 4 pagi.

Pihaknya yakin dengan peningkatan pengamanan yang dilakukan ini akan efektif mencegah kejahatan dan menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi warga. Kegiatam ini sekaligus menandakan komitmen kepolisian untuk memprioritaskan keselamatan dan ketertiban publik serta memastikan Kota Semarang tetap menjadi tempat yang tertib dan aman bagi semua orang.

Menanggapi kegiatan, Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Artanto memberikan apresiasi atas pelaksanaan patroli skala besar tersebut. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan rasa aman di tengah masyarakat serta menjadi upaya pencegahan yang efektif terhadap berbagai tindakan yang mengganggu keamanan masyarakat, khususnya balap liar dan tawuran.

““Kami berharap dengan adanya patroli rutin ini, masyarakat merasa lebih tenang dan terlindungi saat beraktifitas di akhir pekan. Kami juga mengharap kerja sama dari masyarakat dengan melaporkan segala bentuk gangguan keamanan di wilayahnya kepada pihak yang berwenang. Dengan demikian Propinsi Jawa Tengah akan tetap aman dan kondusif menjelang Pemilukada 2024,” tuturnya.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai