KOTA MALANG – Wahyu Hidayat dinilai panen prestasi di tingkat provinsi maupun nasional saat memimpin Kota Malang periode 24 September 2023 sampai 10 Agustus 2024. Walau hanya sepuluh bulan menjabat sebagai wali kota, dia mampu meraih tiga penghargaan sekaligus dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam acara Apresiasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah 2024 di The Tribrata Hotel and Convention Center, Darmawangsa, Jakarta, Jumat, 30 Agustus 2024.

Asli arek Malang ini berkomitmen meningkatkan kemajuan warga kota dari segala aspek. Pengalamannya sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Malang menjadi modal dalam mengatasi masalah yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

Berkahnya, dia mendapatkan apresiasi dalam bentuk penghargaan di tiga kategori. Pertama, kategori Kinerja Total untuk daerah dengan Fiskal Sedang; kedua, kategori Kesejahteraan Rakyat; dan ketiga, kategori Pelayanan Publik.

“Ini penghargaan yang luar biasa dan merupakan penilaian dari Kementerian Dalam Negeri bersama Tempo Media terkait dengan kinerja yang saya lakukan selama menjadi Penjabat Wali Kota Malang,” kata Wahyu.

Adapun dalam memimpin, Wahyu memiliki empat program prioritas yang menjadi pemicu kemajuan kota dan berdampak terhadap masyarakat, yaitu mengatasi kemiskinan ekstrem, mengendalikan inflasi, meningkatkan pelayanan publik, dan menekan stunting.

Tak ketinggalan sejumlah kegiatan unggulan, seperti Ekonomi Kreatif dan Kemis Mbois untuk mendukung produk lokal dengan menginstruksikan ASN Kota Malang mengenakan pakaian dan aksesori buatan UMKM. Ada pula aksi penanganan kemacetan dan pengelolaan sampah.

Dalam masa kepemimpinannya, masyarakat Kota Malang juga bisa langsung berdialog dengan Wahyu Hidayat setiap Selasa pagi melalui program Ngombe dan Ngombe STMJ alias Senam Tehes Mbois Jumat saban Jumat. Dari 14 kali program itu berlangsung, Wahyu menerima lebih dari 69 pengaduan masyarakat.

Kini Wahyu pun siap kembali memimpin jika diberikan kepercayaan oleh masyarakat pada Pilkada Serentak 2024. Pada akhir Agustus lalu, Wahyu Hidayat bersama Ali Muhohirin (WALI) telah mendaftarkan diri di Pilkada Kota Malang. Dia pun telah Menyusun lima program unggulan untuk menjadikan Kota Malang lebih bersinar lagi.(*)

sumber : bisnis.tempo.co

 

Pilkada Malang Kota, Pilwakot Malang, Pilwali Malang, Wahyu Hidayat, Nomor Urut 1 Paslon Wahyu Hidayat-Ali Mutohirin, Paslon Wahyu Hidayat-Ali Mutohirin, Paslon 1 Wahyu Hidayat, Wahyu Hidayat-Ali Mutohirin, Malang Kota, Kota Malang, Jawa Timur, Pilkada Jatim, Kodya Malang, Pemkot Malang