MALANG – Belasan kucing liar dan peliharaan warga mati mendadak diduga karena diracun orang tidak bertanggung jawab. Peristiwa yang terjadi sejak Sabtu (5/10/2024) ini berada di Jalan Danau Maninjau Barat 1 Blok B1 Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur. Salah seorang warga, Dedi, mengatakan bahwa kucingnya juga menjadi korban. Menurutnya, kematian kucing secara massal di wilayahnya itu baru pertama kali terjadi.

“Baru pertama kali terjadi di lingkungan sini. Ini adalah pembantaian kucing besar-besaran,” kata Dedi, Selasa (15/10/2024). Baca juga: Viral, Video Kucing Disiksa Pria Misterius di Makassar, Organisasi Pencinta Hewan Lapor Polisi Dia menjelaskan, kucing ras miliknya berjenis Persia yang sering bermain di luar rumah mati secara misterius.

Padahal sebelumnya, kucingnya dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit.

“Kondisinya kucing saya enggak pulang-pulang. Kemudian diberitahu tetangga bahwa kucing saya ditemukan sudah mati di balkon rumah tetangga,” katanya.

Dedi membenarkan bahwa kucing yang mati itu bukan hanya miliknya. Kucing peliharaan tetangga dan kucing liar yang berada di area lingkungan rumahnya juga mati.

“Ada 16 kucing yang mati, itu ada yang peliharaan sama kucing liar,” katanya.

Seorang warga lainnya, Kiki, juga mengaku kucing peliharaannya menjadi korban. Dia meminta pihak berwenang mengusut tuntas peristiwa ini. Baca juga: Bukan Rabies, Penyebab Puluhan Kucing Mati di Sunter Belum Bisa Dipastikan Dikatakannya, peristiwa viral di media sosial dan sejak itu sudah tidak ada lagi kucing yang mati.

“Setelah ramai di media sosial, tidak ada lagi kucing yang mati. Saya berharapnya, jangan sampai kejadian ini terulang kembali,” katanya.

“Berharapnya, seseorang yang diduga melakukan itu dicari, siapa yang tega sampai seperti ini. Saya siap jadi saksi dan ada buktinya, walaupun minim rekaman kamera CCTV,” sambungnya.

Pihak kepolisian melalui Bhabinkamtibmas sudah mendatangi lokasi kejadian bersama Dispangtan Kota Malang dan pihak kelurahan. Mereka mencari tahu penyebab kematian belasan kucing tersebut. Kapolsek Kedungkandang AKP Effendi Budi Wibowo mengatakan, pihaknya telah menugaskan Bhabinkamtibmas setempat datang ke lokasi pada Selasa (15/10/2024).

“Bhabinkamtibmas sudah ke sana bersama dengan petugas dari bidang peternakan dan kesehatan hewan Dispangtan Kota Malang.”

“Petugas datang ke sana untuk melakukan peninjauan dan menggali informasi lebih lanjut,” kata AKP Effendi, Selasa (15/10/2024).

Ia menyampaikan bahwa sampai saat ini pihaknya masih menggali informasi lebih lanjut dan sedang berkoordinasi dengan pihak terkait guna mencari tahu penyebab kematian belasan kucing tersebut. Sebab, dugaan awal dari keterangan warga sekitar, kucing-kucing ini mati mendadak karena diracun.

“Kalau soal diracun atau tidak itu menunggu hasil dari pihak dinas yang mengetahui. Sekarang masih dikoordinasikan dan masih nunggu hasil,” katanya.

sumber: Kompas.com

 

Polresta Malang Kota, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Nanang Haryono, Malang Kota, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Malang Kota, Resta Malang Kota, Kepolisian Resor Malang Kota, Polisi Resor Kota Malang, Polisi Malang Kota, Kota Malang, Pemkab Malang Kota, Kabupaten Malang Kota, Kodya Malang, Pemkot Malang Kota, Polisi Malang Kota, Kota Malang, Nanang Haryono