Banjarnegara – Polres Banjarnegara melakukan kegiatan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan atau ramp check terhadap kelaikan kendaraan angkutan umum (bus/AKAP) dan pemeriksaan kesehatan pengemudi di Terminal Induk Banjarnegara, Rabu (17/10/2024).

Kapolres Banjarnegara AKBP Erick Budi Santoso, SH, SIK, MH melalui Kasat Lantas Polres Banjarnegara AKP Mohamad Bimo Seno, S.Tr.K, SIK mengatakan, pemeriksaan dilakukan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan serta keselamatan bagi penumpang dan antisipasi lakalantas, fatalitas korban laka yang diakibatkan karena penggunaan obat terlarang oleh pengemudi.

“Pemeriksaan kelengkapan dokumen kendaraan dan teknis laik jalan kendaraan seperti SIM, STNK, kartu pengawasan izin operasional atau trayek dan buku lulus uji kendaraan,” katanya usai kegiatan.

Selain itu, lanjut dia, pemeriksaan terhadap sistem lampu-lampu, sistem pengereman, kondisi kaca depan, ban dan sabuk keselamatan, pemeriksaan unsur teknis penunjang berupa indikator pengukur kecepatan, sistem penerangan, spion, wiper, klakson, kapasitas tempat duduk, perlengkapan kendaraan dan perlengkapan tanggap darurat.

“Pemeriksaan kondisi mesin setelah dihidupkan dengan cara mengidentifikasi suara mesin, fungsi kompresor, spelling kemudi, spelling pedal gas, spelling pedal kopling dan spelling pedal rem,” ujarnya.

Adpaun pengecekan kesehatan kepada pengemudi, sambung Kasat Lantas, yakni berupa cek tensi, cek urine, cek gula darah serta pemberian vitamin.

“Hasilnya semua masih laik jalan, kesehatannya juga normal dan harapannya para sopir bus ini siap berkendara hingga tujuannya,” ucap dia.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka operasi Operasi Zebra Candi 2024 yang digelar selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 14 sampai 27 Oktober 2024 dengan tema “Melalui Operasi Zebra Candi 2024 kita tingkatkan kemampuan personel dalam rangka mendukung suksesnya pelantikan presiden/ wakil presiden terpilih serta mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas demi terwujudnya Kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman”,

“Operasi ini digelar dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Pemilu tahun 2024 dan Pilkada serentak di wilayah hukum Polres Banjarnegara,” katanya kepada awak media usai kegiatan apel gelar pasukan.

Kegiatan selama operasi ini, sambung dia, meliputi kegiatan yang bersifat edukatif dan persuasif serta humanis didukung dengan giat penegakan hukum lantas (Gakkum) menggunakan kamera Etle dan diluar jangkauan Etle guna disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Ada 69 perseonel Polres yang terlibat sementara sasaran utama operasi ini adalah segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan laka lantas,” pungkasnya.

 

Polres Banjarnegara, Kapolres Banjarnegara, AKBP Erick Budi Santoso, Pemkab Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Kasatlantas Polres Banjarnegara, Satlantas Polres Banjarnegara, Iptu Mohammad Bimo Seno, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Banjarnegara, Polisi Banjarnegara, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai