Berita

Jelang Pilkada 2024, Bawaslu Humbahas Ingatkan Pentingnya Netralitas

Cropped Favicon Bi 1.png
×

Jelang Pilkada 2024, Bawaslu Humbahas Ingatkan Pentingnya Netralitas

Share this article
Pilkada 2024, Bawaslu Humbahas Perkuat Pengawasan Untuk Jaga Netralitas

Humbahas – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Humbang Hasundutan menyelenggarakan Sosialisasi Pengawasan Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, dan Kepala Desa dalam rangka menghadapi Pemilihan Serentak Tahun 2024. Acara ini berlangsung di Aula Hotel Martin Anugrah, Doloksanggul, pada Jumat (18/10/2024).

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Humbang Hasundutan, Henri W. Pasaribu, menekankan pentingnya menjaga netralitas ASN, TNI, Polri, dan Kepala Desa dalam Pemilihan Serentak 2024. Ia menyampaikan harapannya agar sosialisasi ini mampu memperkuat kesadaran dan kepatuhan terhadap aturan netralitas di kalangan ASN, TNI, Polri, dan Kepala Desa.

“Melalui sosialisasi ini, Bawaslu merangkul semua elemen dalam Pokja guna menjamin netralitas ASN, TNI, Polri, dan Kepala Desa. Pencegahan dini terhadap potensi pelanggaran aturan netralitas ini sangat penting, dan apabila ada pelanggaran, tentu akan diproses sesuai regulasi yang berlaku melalui Gakkumdu,” tegas Henri.

Henri juga berharap agar tidak ada pelanggaran aturan netralitas dalam Pemilihan Serentak 2024 di Humbang Hasundutan, dan semua pihak dapat berperan aktif dalam menjaga profesionalisme serta independensi.

Perwakilan TNI, Polri, dan Kejaksaan juga menyampaikan pesan agar seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan bersatu dalam menjaga keamanan dan kondusivitas selama proses pemilihan berlangsung. Mereka mengharapkan Pemilihan Serentak 2024 di Kabupaten Humbang Hasundutan dapat berjalan lancar dan sukses.

Selain dari Bawaslu, sosialisasi ini juga menghadirkan pembicara dari Pemkab Humbang Hasundutan, yakni Plt. BKPSDM Tua Marsatti Marbun, dan dari kalangan akademisi, Dosen Fakultas Hukum Universitas HKBP Nomensen, Japatar Simamora. Kedua pembicara ini turut memberikan pandangan dan wawasan terkait pentingnya menjaga netralitas dan integritas dalam pelaksanaan pemilihan.

Turut hadir Bupati Humbang Hasundutan yang diwakili oleh Asisten Administrasi Tua Marsatti Marbun, Forkopimda Wakapolres Humbang Hasundutan Kompol Muslim Amin, SE, Dandim 0210/TU yang diwakili Pabung Mayor Ojak Simarmata, serta Kajari Humbang Hasundutan yang diwakili Kasi Pidum Herry Shan Jaya.

sumber: rri.co

 

Polres Humbang Hasandutan, Polres Humbahas, Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto, Hary Ardianto, Kepolisian Resor Humbahas, Polisi Humbahas, Kepolisian Resor Humbang Hasandutan