Amankan Grebeg Besar, 300 Personel Gabungan Diterjunkan

Polres Demak News – Kepolisian Resor Demak, melaksanakan apel gelar pasukan pengamanan Idul Adha 1440 H, di depan Masjid Agung Demak, Sabtu (9/8/2019) sore.

Sebanyak 300 personel gabungan, disiagakan untuk melakukan pengamanan, termasuk pada prosesi kirab Grebeg Besar, 11 Agustus mendatang. Apel gelar pasukan ini, dipimpin oleh Kabag Operasional Kompol Ahmadi.

”Dengan digelar apel, menunjukkan kalau kami siap untuk mengamankan tradisi tumpeng sembilan dan kirab Grebeg Besar yang akan dilakukan besok,” kata Ahmadi.

Menurutnya, saat peringatan Idul Adha, sejumlah personel akan ditempatkan di titik-titik rawan konflik.

“Hari Idul Adha, merupakan hari besar umat Islam yang diperingati setiap 10 Zulhijah. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, saat Idul Adha akan terjadi peningkatan kegiatan masyarakat di Kabupaten Demak sehingga hal itu menjadi perhatian serius Kepolisian,” terangnya.

Lanjut Ahmadi, tradisi Grebeg Besar akan digelar bersamaan Hari Idul Adha. Tradisi tersebut dipastikan menyedot perhatian masyarakat luas mulai pendapa Kabupaten, Masjid Agung Demak, Alun-alun hingga kompleks makam Sunan Kalijaga di Kadilangu.

Amankan Kirab.

Personel gabungan ini, nantinya bertugas mengamankan titk rawan, termasuk rute yang akan dilintasi dalam kirab Grebeg Besar. Kapolres berharap, dengan pengamanan ini masyarakat benar-benar merasa aman dan nyaman, saat menyaksikan prosesi yang digelar setelah pelaksanaan Shalat Idul Adha.

”Pengamanan kami lakukan mulai satu hari sebelum kirab Grebeg Besar digelar, seperti acara tumpeng sembilan di Masjid Agung Demak,” imbuhnya.

Selain itu, pengamanan juga dikonsetrasikan pada arena Grebeg Besar di Lapangan Tembiring. Puncak prosesi kirab berupa acara penjamasan pusaka Sunan Kalijaga juga perlu pengamanan ketat. (Sigit)