oleh

Antisipasi dan pencegahan PMK, Polres Semarang kembali Gelar Vaksin ternak dan Penyekatan mobilitas ternak.

Humas Polres Semarang_Dalam mengantasipasi dan mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kab. Semarang, Polres Semarang gelar kegiatan Vaksin di Kec. Getasa dan Penyekatan dengan lokasi Ds. Gemawang (Perbatasan Kab. Semarang – Kab. Temanggung) Selasa 19 Juli 2022.

“Hari ini Ada 2 kegiatan yang dilaksanakan dalam pencegahan PMK, Polsek Getasan melaksanakan Vaksin dan Polsek Jambu melaksanakan penyekatan Mobilisasi hewan ternak yang keluar maupun masuk Kab. Semarang.” Ungkap Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika H A, SIK, MH.

Kapolres menjelaskan bahwa untuk kegiatan vaksin ada target 200 dosis yang berlangsung di Ds. Jetak Kec. Getasan. Hadir dalam kegiatan Wakapolsek Getasan, Danramil Getasan, perwakilan Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Semarang serta relawan dari Mahasiswa Undaris Ungaran.

“Ada kriteria tertentu apabila hewan ternak sapi atau kerbau untuk mendapatkan vaksin, yaitu umur dari hewan tersebut lebih dari 2 Minggu dan dalam keadaan sehat belum tertular PMK.” Ungkap AKBP Yovan.

Sedangkan dalam kegiatan penyekatan di perbatasan Kab. Semarang dan Kab. Temanggung, dipimpin Kanit Patroli Ipda Supardi beserta Babinsa Koramil Jambu dan Dinas Pertanian dan Peternakan Kec. Jambu.

“Dari 10 kendaraan yang masuk dan keluar Kab. Semarang, setelah dilakukan pemgecekan oleh personil di lapangan tidak diketemukan adanya hewan yang terindikasi PMK.” Tutup Kapolres.