Antisipasi Kebakaran Hutan, Kapolsek Pakis Magelang Koordinasi dengan Petugas TNG Merbabu

bhinnekanusantara.id – Kapolsek Pakis Polres Magelang Polda Jateng AKP Sukirman bersama anggota telah melaksanakan koordinasi kamtibmas sekaligus anjangsana ke Kantor TN (Taman Nasional) Gunung Merbabu Sektor Wekas Desa Kaponan Kecamatan Pakis Pada Senin (24/6).

Dalam kesempatan tersebut petugas telah diterima di ruang tamu kantor TNG Merbabu sektor wekas dengan penuh keakraban oleh bapak Tukiman,SH beserta 3 (tiga) anggota Polhut yang ditugaskan dikantor tersebut, dilanjutkan menyaksikan situasi hutan disekitarnya.

Untuk pendakian di lereng Gunung Merbabu sudah mulai dibuka sedangkan guna keamanan pendaki kami secara berkala telah melakukan patrol , hal ini untuk mencegah para pendaki gunung ilegal yaitu tidak memberitahukan kepada pihak polhut.

” Secara berkala telah dilakukan patroli bersama Untuk dengan melibatkan dari TNI dan POLRI serta dari anggota SAR ” jelas Tukiman,SH selaku petugas Kantor TNGM

Kapolsek Pakis pada kesempatan tersebut juga menyampaikan himbauan agar pihak TNG Merbabu dapat bersinergi menggandeng relawan utamanya yang berada di wilayah Pakis maupun relawan dari lingkup Kabupaten Magelang sampai dengan propinsi.

Hal ini guna mempermudah bilamana adanya pendaki yang hilang, sehingga bisa diketemukan oleh para ahli di medan seperti gunung merbabu ini, katanya.

Selain itu kepada para pendaki disarankan agar turut aktif berperan dalam menjaga kelestarian alam gunung tersebut, mengingat saat ini musim kemarau hendaknya bisa menjaga terjadinya kebakaran, maka dilarang kepada petnaki untuk menyalakan api maupun waspada membuang punting rokok sembarangan , imbuhnya.

“ Berikan bekal pengetahuan akan larangan dan lokasi yang diperbolehkan dilalaui, engingat kondisi kemarau namun cuaca sangat dingin sehingga diperkirakan para pendaki akan menyalakan api unggun hendaknya bisa di larang atau dilokasi yang sekiranya tidak menjadikan kebakaran hutan, pungkasnya.

 

 

Sumber : Tribratanews

Editor : Kiss login by Polda Jateng

Silakan berkomentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.