Antisipasi Kejadian Tidak Di Inginkan, Polisi di Blora Jawa Tengah Jaga Penyaluran Bantuan Pemerintah

Polres Blora Polda Jawa Tengah – Kepala Kepolisian Resor Blora AKBP Ferry Irawan, S.I.K memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk terjun langsung mengawasi penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) 2020. Hal ini bertujuan supaya penyaluran BLT-DD tepat sasaran dan berjalan kondusif.

Berdasarkan pantauan pada beberapa wilayah di Kabupaten Blora, penyaluran bantuan penanganan dampak ekonomi dari pandemi Covid-19 itu diawasi langsung oleh Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa yang ada di tiap-tiap Desa.

Menurut Kapolres selaku pimpinan di sektor kewilayahan Kapolsek harus juga turut memantau langsung giat anggotanya guna memastikan bahwa tidak ada suatu permasalahan dalam pembagian bantuan langsung dari Pemerintah tersebut.

“Anggota Bhabinkamtibmas bersinergi dengan Bhabinsa harus awasi betul kegiatan pembagian bantuan tersebut. Sedangkan Kapolsek wajib memonitor langsung bahwa bantuan bagi warga yang terdampak Covid-19 benar-benar tepat sasaran, sebagai bentuk antisipasi jika terjadi penyalahgunaan dari oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.” ujar AKBP Ferry Kamis (11/06/2020).

Selain itu, tambahnya, anggota Bhabinkamtibmas juga memastikan penerapan kedisiplinan protokol kesehatan saat penyaluran BLT-DD. Sebab, mekanisme penyaluran BLT-DD tersebut disalurkan di kantor desa masing-masing.

“Bukan hanya mengawasi batuan saja, kami juga memastikan bahwa di setiap desa, wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Jadi, masyarakat penerima BLT-DD wajib memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak saat antri,” tambahnya.

Kemudian AKBP Ferry berpesan jika ditemukan adanya indikasi penyelewengan bantuan pemerintah untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 ini. Pihaknya akan siap melakukan tindakan hukum tegas agar bantuan ini bisa benar-benar dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat yang membutuhkan.

(Humas Polres Blora)

Bidhumas Polda Jawa Tengah – Obyektif – Dipercaya – Partisipasi