Antisipasi Korban Tenggelam, Kapolsek Blora Berdayakan Bhabinkamtibmas Sambangi Embung

Polres Blora Polda Jawa Tengah |Memasuki musim hujan, dimana intensitas hujan sudah mulai meningkat. Beberapa embung atau waduk di wilayah kabupaten Blora, sudah mulai terisi oleh air. Seperti kebiasaan warga Blora, dimana tiap ada embung atau waduk, pasti digunakan oleh warga untuk mandi, ataupun memancing bahkan tak jarang digunakan tempat bermain anak-anak.

Hal tersebut, tentunya menimbulkan kerawanan bila ada warga yang mandi ataupun bermain apalagi jika kedalaman embung diluar batas jangkauan fisik seseorang.

Untuk itulah, Kapolsek Blora AKP Joko Priyono, SH, mengintruksikan Bhabinkamtibmasnya untuk sambang ke wilayah binaan dan memantau lokasi embung, terutama embung dengan kapasitas air yang dalam dan besar.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas kelurahan Sonorejo Polsek Blora Polres Blora Polda Jawa Tengah, Bripka Achmad Nur Kholik, SH nampak menyambangi warga yang sedang beraktifitas di sekitar embung Sonorejo. Bhabinkamtibmas Bripka Kholik menyampaikan imbauan kepada warga yang sedang mancing di embung agar berhati hati dan tidak ceroboh ketika memancing dipinggir embung, apalagi jika ada anak anak yang bermain atau mandi di embung agar selalu diawasi.

“Bhabinkamtibmas kami dorong untuk nyemblung embung, dalam artian melakukan pemantauan di embung atau waduk,” ucap AKP Joko Priyono, Kamis, (12/11/2020).

AKP Joko menambahkan dalam sambang ke wilayah binaan, Bhabinkamtibmas jangan bosan bosan untuk menyampaikan imbauan Kamtibmas kepada warga. “Intinya adalah kepedulian kita kepada warga, terutama anak-anak yang bermain di embung. Harus ada yang mengawasi,” tegas Kapolsek.

Masih imbuh Kapolsek, selain menyampaikan imbauan kamtibmas, Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak di Polri di wilayah desa atau kelurahan harus aktif menyampaikan imbauan protokol kesehatan, salah satunya adalah dengan mengajak warga membiasakan 4 M dalam kehidupan. Yaitu menjaga jarak, menghindari kerumunan, memakai masker serta mencuci tangan. “Imbauan protokol kesehatan juga terus kita lakukan, untuk antisipasi Covid-19, tandas Kapolsek Blora.

Sementara itu, Siswanto, salah satu tokoh warga setempat mengaku senang dengan adanya patroli dan sambang dari kepolisian. “Tentunya kami senang dengan adanya Pak Polisi yang blusukan embung,” kata Siswanto.

Siswanto membenarkan, bahwa terkadang anak-anak bermain di embung tanpa pengawasan, dimana orang tua sibuk bekerja.

“Anak bermain di embung kadang tanpa pengawasan, karena orang tua sibuk bekerja. Untuk itulah, kami ucapkan terimakasih atas kepedulian Polsek Blora,” pungkasnya.

(Penulis : Bripka Arip Nirwanto, S.H. – Humas Polres Blora)

Bidhumas Polda Jawa Tengah – Obyektif – Dipercaya – Partisipasi