Antisipasi Kriminalitas Ditengah Pandemi, Satbinmas Polres Blora Gelar Safari Kamtibmas

Polres Blora Polda Jawa Tengah | Untuk antisipasi gangguan kamtibmas diwilayah kabupaten Blora, Polres Blora Polda Jawa Tengah melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) menggelar safari kamtibmas di desa Kawengan kecamatan Jepon, Rabu, (07/10/2020) malam.

Dengan Tema Dengan Semangat Bersiskamling Kita Wujudkan Keamanan Lingkungan, Satbinmas Polres Blora yang dipimpin oleh Kasat Binmas Iptu Sudarto mengajak warga mulai dari lingkungan terkecil yaitu di wilayah RT agar berperan aktif dalam menjaga keamanan dilingkungan masing masing yaitu melalui siskamling atau ronda.

Kasat Binmas Iptu Sudarto menjelaskan bahwa seorang warga harus bisa menjadi polisi, yaitu menjadi polisi bagi dirinya sendiri serta menjadi polisi bagi keluarganya, dalam artian setiap warga harus bisa menjaga keamanan rumah dan lingkungan masing masing, dan dalam lingkungan RT, tentunya lebih maksimal dilakukan penjagaan lingkungan dengan kegiatan ronda malam. “Jika dari lingkungan terkecil aman, maka Insha Allah sampai tingkat desa ataupun kelurahan akan aman, karena warganya aktif dalam pengamanan swakarsa yaitu melalui ronda,” ucap Kasat Binmas.

Selain menyampaikan imbauan kamtibmas dan memotivasi warga untuk aktif dalam menjaga keamanan lingkungan, Kasat Binmas tak lupa berpesan agar seluruh masyarakat kabupaten Blora, terutama warga desa Kawengan selalu menerapkan protokol kesehatan, apalagi ditengah pandemi Covid-19, dimana kebersihan harus betul betul diperhatikan. “Dimasa Pandemi seperti ini, kita harus membiasakan pola hidup sehat, dan tentunya harus disiplin dalam protokol kesehatan, salah satunya adalah dengan disiplin 3 M, yaitu mencuci tangan, menjaga jarak serta memakai masker,” lanjut Kasat Binmas.

“Jika ada sesuatu yang mencurigakan, atau membutuhkan kehadiran petugas, silahkan hubungi Polsek terdekat ataupun langsung ke Bhabinkamtibmas, kami dari kepolisian siap membantu,” pungkas Kasat Binmas.

Sementara itu, Sulasno, Kepala Desa Kawengan menanggapi positif dan mengapresiasi kegiatan safari kamtibmas yang digelar didesanya, dirinya berharap safari kamtibmas seperti ini rutin dilakukan, sehingga warga jadi lebih semangat dalam melaksanakan ronda, “Tentunya senang dengan adanya safari kamtibmas dari Polres Blora, jujur warga yang rondapun jadi lebih semangat dan tentunya senang dengan kedatangan petugas kepolisian,” ucap Kepala Desa.

Menutup kegiatan tersebut Kasat Binmas menyerahkan bantuan alat ronda seperti senter, jam dinding serta alat kesehatan seperti sabun dan hand sanitizer.

(Penulis : Bripka Arip Nirwanto, S.H. – Humas Polres Blora)

Bidhumas Polda Jawa Tengah – Obyektif – Dipercaya – Partisipasi