oleh

Antisipasi PMK, Petugas Gabungan Di Blora Jawa Tengah Lakukan Pengawasan Pasar Hewan

Polres Blora Polda Jawa Tengah |Selasa Pon, (17/05/2022) petugas gabungan yang terdiri dari anggota Satbinmas Polres Blora bersama anggota Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora melakukan pemantauan dan pengawasan di pasar hewan atau pasar pon kabupaten Blora.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk antisipasi penyakit mulut dan kuku yang sudah merebak di wilayah kabupaten tetangga. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Blora Gundala Wejasena serta Kasat Binmas Polres Blora AKP Sudarto masing masing beserta anggota.

Dalam kegiatan tersebut, petugas gabungan melakukan penyemprotan disinfektan pada kendaraan yang digunakan untuk mengangkut hewan ternak yang akan diperjualbelikan.

Selain itu, petugas juga blusukan ke dalam pasar hewan guna menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar waspada terhadap penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak.

Kepala Dinas Pertanian Gundala Wejasena menyampaikan agar masyarakat jangan panik. Petugas gabungan di Blora akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan hewan ternak di Blora.

“Kita lakukan pengawasan di Pasar Pon Blora sebagai bentuk pengendalian PMK. Yang paling penting masyarakat jangan panik. Kita telah terjun ke lapangan supaya PMK tidak menyerang kabupaten Blora. Kita sudah tahu di Jawa Timur dan Rembang sudah ada yang positif PMK,” kata Gundala Wejasena.

Lebih lanjut Gundala menambahkan bahwa pihaknya bersama petugas gabungan telah melakukan berbagai kegiatan pencegahan salah satunya adalah dengan Biosecurity yaitu penyemprotan disinfektan terhadap kendaraan kendaraan yang digunakan memuat hewan ternak yang akan masuk kabupaten Blora bahkan sapi sapi di pasar hewanpun dilakukan penyemprotan.

“Kepada warga, jika menemukan penyakit seperti luka luka dimulut atau dikuku pada hewan ternak segera laporkan, dan jangan panik,” tandasnya.

Sementara itu Kasat Binmas Polres Blora AKP Sudarto menyebutkan bahwa sesuai dengan perintah Kapolres Blora AKBP Aan Hardiansyah,SH,MH pihaknya telah menerjunkan anggota terutama Bhabinkamtibmas agar ikut aktif dalam melakukan pemantauan dan pengawasan hewan ternak hingga ke pelosok desa. “Selain tingkat Polres, kegiatan sinergi antisipasi PMK juga kita lakukan hingga pelosok desa melalui Bhabinkamtibmas. Harapannya jika diketahui kasus tersebut bisa segera ditindaklanjuti, tentunya dengan sinergi instansi terkait,” ucap Kasat Binmas.