oleh

Banjir Magetan Rendam 494 Rumah di Dua Desa

bhinnekanusantara.id – Banjir di Kabupaten Magetan, Jatim merendam dua desa di Kecamatan Kartoharjo. Banjir dengan ketinggian hampir satu meter itu mengepung 494 rumah yang dihuni 1.694 jiwa.

“Terdampak banjir di Magetan ada dua desa di satu kecamatan. Jumlahnya 494 rumah yang dikepung banjir ketinggian hampir satu meter. Sebagian mengungsi dan ada yang bertahan di rumah,” kata Bupati Magetan Suprawoto saat dihubungi, Sabtu (9/3/2019).

Dari dua desa yang diterjang banjir itu, jelas bupati yakni Desa Ngelang dan Desa Jajar, ada dataran rendah dan sering menjadi langganan banjir. Dua desa tersebut banjir itu lanjut Suprawoto dengan rincian 769 jiwa di 210 rumah masuk dmDesa Jajar. Sedangkan 925 jiwa dari 284 rumah terdampak di desa Nih.

“Dua desa ini memang langganan banjir dan sudah terbiasa. Dua desa ini lokasi dataran rendah sehingga sering banjir tiap tahun,” ujarnya.

Bupati menjelaskan saat ini kondisi banjir telah surut dan hanya tinggal genangan di jalan dan persawahan saja. Lahan pertanian padi yang siap panen dipastikan rusak seluas 100 hektar karena terendam banjir.

“Kita sudah rakor penanganan pasca bencana hari bersana BPDB, Forkopimca, dinsos, puskesmas, kades. Pengiriman logistik nasi bungkus langsung didistribusikan ke warga terdampak,” imbuhnya.

Mantan pejabat Kominfo itu juga meminta BPBD mendistribusikan penerimaan bantuan dari donatur ke warga, dibantu perangkat desa agar tepat sasaran.

 

 

Sumber : Detik

Editor : Awlina IMM Polda Jateng