Baru Tahu, Ini Singkatan Harimau. Dijadikan Nama Tim di Polres Wonogiri

bhinnekanusantara.id – Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, membuka pelatihan Tim Harimau Sat Sabhara Polres Wonogiri Polda Jateng di halaman Mapolres setempat , Senin (8/6/2020) pagi.

Kegiatan tersebut menurut Kapolres merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas SDM dan juga sistem di lapangan. Tim Harimau yang artinya (Pelihara Wonogiri Aman dan Kondusif) adalah penjabaran program Kapolda Jawa Tengah yang ketujuh. Kehadirannya diharapkan mampu memberikan kesan positif di masyarakat.

Kapolres mengatakan kekuatan dari sebuah organisasi adalah jika setiap komponen bisa menjadi lebih baik, bisa dimulai dari peningkatan sumber daya manusia, anggaran, dan sarana prasarana. Hal itu menjadi prinsip dan metode dalam organisasi.

“Para anggota Sat Sabhara akan diajarkan materi demi peningkatan SDM dalam rangka meningkatkan kemampuan teknis di lapangan, tentang cara bertindak,” jelas dia.

Kapolres berharap kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Pelatihan akan ditutup pada Minggu 14 Juni 2020.

Kapolres juga memotivasi anggota dengan ajaran Tri Dharma Pangeran Samber Nyawa, sosok pendiri Kabupaten Wonogiri. Yakni mengajarkan bahwa dalam membela negara seluruh bangsa hendaknya rumongso melu handarbeni (merasa memiliki), wajib melu hangrungkebi (merasa ikut membela).

”Ajaran ketiga adalah mulat sarira hangrasa wani atau mawas diri. Kita perlu selalu mawas diri apakah darma kesatu dan kedua sudah ada dalam diri kita,” jelas dia. (dealova)