Bea Cukai dan Polda Jateng Sinergi Ekonomi dan Investasi

bhinnekanusantara.id – Bea Cukai dan Polda Jateng sepakat untuk terus memperkuat komunikasi dan sinergi dalam menjaga sektor ekonomi di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Hal tersebut terungkap saat Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Drs. Ahmad Lutfi, menerima kunjungan Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jateng dan DIY, Padmoyo Tri Wikanto bersama jajaran di ruang kerjanya di Markas Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Nomor 1, Semarang, pada Jumat (29/05).

Pertemuan kedua belah pihak secara langsung ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan berlangsung hangat.

Pertemuan antara kedua pimpinan ini menjadi yang pertama kalinya setelah Irjen Ahmad Lutfi dilantik menjadi Kapolda Jawa Tengah pada 8 Mei 2020 lalu, menggantikan Komjen. Pol. Rycko Amelza Dahniel yang saat ini menjabat Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Mabes Polri.

Tri Wikanto yang kali ini didampingi oleh Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Mochamad Arif Setijo Nugroho, Kepala Bea Cukai Tanjung Emas Anton Martin, Kepala Bea Cukai Semarang Sucipto, dan Kepala Seksi Penindakan I Thomas Aquino Yoyok Mulyawan, menyampaikan bahwa maksud kedatangannya adalah untuk memperkuat tali silaturahmi.

“Halal bi halal ini sekaligus untuk meningkatkan sinergi dan komunikasi yang selama ini sudah terjalin dengan baik,” ujar Tri yang juga menginformasikan tugas dan fungsi Bea Cukai secara umum, juga informasi dan isu terkini yang berkaitan dengan impor, ekspor, dan cukai.

Ia pun menyampaikan apresiasi kepada POLDA Jateng yang telah beberapa kali membantu Bea Cukai dalam operasi Gempur Rokok Ilegal. Demikian juga dengan telah diselenggarakannya patroli laut bersama di antara kedua instansi, pemberantasan narkoba dan kerja sama lainnya.

Sementara itu, Kapolda yang didampingi oleh Direktur Kepolisian Perairan dan Udara Kombes Pol Risnanto, Direktur Pengamanan Obyek Kombes Pol Vital Budi Suprayoga, Direktur Reserse Narkoba Kombes Pol Ignatius Agung Prasetyo, dan Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes Pol R. Y. Wihastono Yoga Pranoto, menyambut baik jajaran dari Kanwil Bea Cukai Jateng DIY dan menekankan pentingnya komunikasi antar instansi.

“Mari kita terus perkuat sinergi pengamanan untuk wilayah Jawa Tengah, terutama di bidang ekonomi dan investasi, serta pemenuhan kebutuhan masyarakat,” ajak Irjen Ahmad Lutfi.

Kedua belah pihak juga membahas permasalahan seputar ekonomi dan investasi di Jawa Tengah yang saat ini ikut terdampak pandemi Covid-19. Bea Cukai Jateng DIY dan Polda Jateng berkomitmen penuh untuk mengamankan perekonomian, investasi, pemenuhan kebutuhan, dan keamanan masyarakat di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

 

sumber: gatra

editor: [email protected] jateng #polres wonogiri #polres brebes