Belajar Vertical Rescue, Saka Wanabakti Blora Ikuti DIKLAT SAR

GOA TERAWANG, KPH BLORA | Sebanyak 40 orang Pramuka Penegak dan pandega di Blora mengikuti DIKLATS AR yang diadakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Kecamatan Cepu pada hari Jum’at hinggu Sabtu kemarin di Wana Wisata Goa Terawang, Kecamatan Todanan. (6/11/2020)

2 Pasang Putra dan Putri Saka Wanabakti Blora yang berpangkalan di Kesatuan Pemangkuan Hutan Blora yang beralamat di Jalan Dr Sutomo Nomor 56 Blora mewakili teman-temannya mengikuti Diklat SAR selama 3 hari tersebut.

Tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah selain memupuk rasa Nasionalisme dan Sosial, juga untuk belajar mengenal bencana yang pernah terjadi dan sering terjadi di Kabupaten Blora. Juga, mereka diajarkan beberapa teknik penyelamatan Korban Bencana dalam berbagai macam kondisi dengan bimbingan dari Tim Ahli atau Penguji-nya.

Bapak Jono selaku mentor atau pelatih menyampaikan “Tujuan diadakannya Diklat SAR, yaitu untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan dasar SAR kepada pemuda pemuda, sehingga pelatihan ini dapat membentuk tenaga Rescuer yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan mental di bidang teknik pencarian dan pertolongan terhadap korban pada tingkat dasar.”

Selama 3 Hari, 4 anggota Saka Wanabakti Blora diajarkan untuk mengenal berbagai macam alat yang digunakan oleh Tim SAR saat penyelamatan Korban Bencana, seperti Tali, Carbiner, Webbing, Hanscoon, Harnest, Tandu, dan lain-lain.

Dwi Linda, salah satu peserta Diklat SAR dari Anggota SWB Blora mengatakan kalau kegatan seperti ini harus sering dilaksanakan kepada siswa/siswi sekolah menengah keatas supaya generasi muda bisa mengetahui bagaimana cara mengatasi bencana di Kabupaten Blora. “Saya berharap kegiatan seperti ini bisa diadakan secara rutin, dan terus menerus supaya generasi muda dapat mengetahui Ilmu dasar penanganan Bencana Alam dan penyelamatan Korban Bencana”. kata Dwi.

Kegiatan di tutup pada hari Minggu pagi dengan pemberian Sertifikat bukti ikutserta kegiatan Diklat SAR.