Bersama Ibu-Ibu Posyandu, Mahasiswa KKN Unnes Sulap Barang Bekas Jadi Taplak Cantik

bhinnekanusantara.id – Mahasiswa KKN Lokasi Tahap II Universitas Negeri Semarang (UNNES) 2019 melaksanakan kegiatan Kertabekas (Kerajinan Taplak Barang Bekas) Pada Minggu (3/11/19) di Desa Wonokromo, Kec. Comal, Kab. Pemalang yang diikuti ibu-ibu kader Posyandu Desa Wonokromo.

Tim KKN UNNES bersama ibu-ibu kader Posyandu Desa Wonokromo menyulap barang bekas menjadi taplak yang cantik dan berguna.  Dalam kegiatan tersebut, ibu-ibu kader Posyandu Desa Wonokromo diajak untuk membuat kerajinan tangan yang terbuat dari limbah sampah sedotan. Kertabakas sangat bermanfaat untuk mengurangi limbah sampah plastik di desa Wonokromo.

“Kegiatan KERTABAKAS merupakan program kerja KKN lokasi tahap II UNNES yang bertujuan untuk mengurangi limbah sampah plastik di lingkungan masyarakat Wonokromo” tutur Bayu, koordinator mahasiswa tim KKN UNNES di Desa Wonokromo.

“Kegiatan ini merupakan sebuah inovasi yang dapat meningkatkan kreatifitas masyarakat. Taplak hasil kerajinan ini, dapat menjadi sumber mata pencarian baru bagi warga mengingat kerajinan ini juga meningkatkan nilai sedotan bekas. lanjutnya.

Pada pelaksanaan kegiatan, ibu-ibu kader Posyandu diberikan wawasan untuk dapat melihat dan melestarikan apa yang ada di lingkungan, diantaranya mengumpulkan sedotan bekas atau limbah sampah lainnya seperti botol, plastik, atau limbah sampah lainya yang bisa dibuat kerajinan tangan, sehingga dapat mengurangi sampah plastik di lingkungan.

Bu Ratikem, bidan desa yang mendampingi ibu-ibu kader Posyandu, mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa tim KKN UNNES, menurutnya masyarakat perlu diingatkan untuk terus menjaga dan melestarikan lingkungan.

Melalui kegiatan tersebut, tim KKN UNNES berharap dapat mengedukasi dan melatih masyarakat untuk membuat kerajinan tangan berupa taplak dari sedotan bekas.

 

editor : dealova @polda jateng

#agussaibumi