Bhabinkamtibmas Polres Blora Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Dengan Sistem Tabulampot

Polres Blora Polda Jawa Tengah – Dalam rangka mendukung ketahanan pangan serta meningkatkan pekonomian warga pada saat pandemi covid-19 melanda, Kepolisian Resor (Polres Blora) Polda Jawa Tengah, berdayakan anggotanya terutama Bhabinkamtibmas untuk aktif berperan dalam mendukung ketahanan pangan.

Kapolres Blora Polda Jawa Tengah AKBP Ferry Irawan,S.I.K mengungkapkan bahwa pandemi covid – 19 dampaknya sangat terasa, terutama dalam bidang ekonomi, untuk itulah pihaknya mendorong bhabinkamtibmas agar mempunyai terobosan kreatif tentunya untuk membantu warga di wilayah binaan.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Kauman Polsek Blora Bripka Achmad Nur Kholik. Berawal dari sambang dan memantau situasi di wilayah binaannya, dimana masih banyak warga yang mempunyai pekarangan namun belum dimanfaatkan secara maksimal. Dirinya tergerak untuk mengajak warga agar memanfaatkan pekarangan yang ada untuk menanam tanaman sayur dan buah dengan sistem tanaman buah dalam pot (tambulapot).

“Banyak warga yang punya pekarangan kosong, untuk itulah saya mencoba mengajak mereka memanfaatkanya dengan sistem tabulampot,” kata Bripka Kholik.

Bripka Kholik menceritakan bahwa berawal dari hobinya bertani, dirinya tertarik dengan sistem tambulapot ketika membaca artikel dari internet, kemudian dia praktekan di pekarangan rumahnya, dan hasilnya pun lumayan, “Alhamdulilah hasilnya lumayan, maka dari itu saya ajak warga untuk bertanam dipekarangan dengan sistem tabulampot ini,” tandas Bripka Kholik.

Bripka Kholik menceritakan sosialisasi tabulampot ia berikan kepada warga ketika sambang dan pelan pelan warga mulai tertarik untuk mencoba.

“Tabulampot bisa dilakukan siapa saja, termasuk yang tidak punya lahan luas untuk bercocok tanam, terutama warga yang tinggal di perkotaan, nggak perlu khawatir tanaman akan merusak pagar atau bangunan di sekitarnya karena tanaman buah hanya tumbuh di dalam pot,” Jelas Bripka Kholik.

“Tabulampot juga bisa dipindah-pindah dengan mudah tanpa harus khawatir merusak tanaman. Tapi ingat, letakkan tabulampot di tempat dengan paparan cahaya matahari cukup,” lanjut Bripka Kholik.

Sri Wahyuni, salah satu warga Kelurahan Kauman RT 03/RW 02 mengaku senang dengan adanya dukungan dari Bhabinkamtibmas, dan saat ini dirinya telah merasakan manfaat dari menanam dengan sistem tabulampot tersebut, “Alhamdulilah hasilnya lumayan, selain bisa untuk di konsumsi keluarga, hasil dari sayur dan buahnya juga bisa dijual untuk tambah – tambah belanja,” ucap Sri Wahyuni.

Sri Wahyuni menceritakan dirinya beserta tetangga sekitar telah menanam berbagai macam tananam buah dan sayur dipekarangan seperti cabai, tomat, kocai, jahe, kencur serta mangga dengan sistem tambulapot, “Jika ada kendala ya, kita tanya pada pak bhabimkamtibmas, kan sudah punya nomor hapenya,” beber Sri Wahyuni.

Bripka Kholik menguraikan jika ada warganya yang menemukan kendala dirinya tak segan untuk membantu, dan jika di perlukan tenaga ahli dirinya berkoordinasi dengan dinas pertanian dan peternakan setempat, “Intinya jika ada kendala kita siap membantu,” tandas Bripka Kholik.

(Bripka Arip Nirwanto, S.H. – Humas Polres Blora)

Bidhumas Polda Jawa Tengah – Obyektif – Dipercaya – Partisipasi