oleh

Bhabinkamtibmas Polsek Jiken Motivasi Petani Sayur Di Bukit Kunci

Polres Blora Polda Jawa Tengah |Kamis, (04/02/2021) Bhabinkamtibmas Desa Bangowan Polsek Jiken Polres Blora Polda Jawa Tengah Bripka Nyamat Ari Widodo,ST menyambangi petani sayuran di kawasan Wisata Bukit Kunci, kecamatan Jiken Kabupaten Blora, Kamis, (04/02/2021).

Bripka Nyamat menjelaskan selain untuk menjalin silaturahmi dan kemitraan dirinya aktif sambang diwilayah binaan adalah untuk mencari terobosan kreatif ataupun menemukan solusi bersama jika ditemukan permasalahan. Namun dalam sambang kali ini, Bripka Nyamat fokus pada budidaya sayuran di Bukit Kunci.

Dimana saat ini di kawasan Wisata Bukit Kunci telah berkembang kebun sayuran serta tanaman hidroponik.

Bripka Nyamat mengungkapkan bahwa awal dari keberadaan tanaman sayur di Bukit Kunci berawal dari sebuah inspirasi ketika dirinya melihat lokasi wisata diluar Blora yang menyajikan aneka macam tanaman sayur.

Untuk itulah dirinya berinisiatif mengajak warga untuk mencoba menanam sayuran di puncak Bukit Kunci. “Kita berdayakan potensi alam yang ada, apalagi di kawasan Wisata Alam Bukit Kunci ini adalah kawasan subur, karena tanahnya adalah tanah merah, untuk itulah kita manfaatkan dengan menanam sayur dan buah dan kita juga kembangkan tanam sayur dengan sistem hidroponik,” beber Brika Nyamat.

Adapun tanaman sayur dan buah yang sudah ditanam seperti loncang, selada, tomat, cabai, seledri dan kacang kacangan lainnya serta tanaman buah khas desa setempat yaitu buah sawo organik.

Sudarto, Kepala Desa Bangowan sekaligus yang dituakan dalam pengelolaan Wisata Bukit Kunci menyampaikan bahwa inisiatif dari Bhabinkamtibmas tersebut telah dicoba dan kini telah dirasakan manfaatnya oleh warga. Dimana selain untuk dikonsumsi sendiri, sayur sayuran tersebut juga laku dijual dan bisa menghasilkan rupiah yang tentunya menambah penghasilan warga, “Alhamdulilah kini warga mulai merasakan manfaatnya, di Bukit Kunci ini kita juga menjual sayuran seperti selada, seledri, loncang, tomat ataupun buah sawo jika saat musimnya.

Untuk pemasarannya sendiri warga tidak bingung, karena selain dijual secara langsung dilokasi, pemasaran ataupun promosi dilakukan secara canggih mengikuti perkembangan teknologi, yaitu melalui internet. Dimana Pak Bhabinkamtibmas telah membuatkan akun media sosial Bukit Kunci yang bisa dimanfaatkan untuk promosi Wisata Alam Bukit Kunci tersebut.

“Sekarang lebih mudah, karena pemasarannya bisa melalui online, alhamdulilah kadang juga ada pelanggan dari luar Blora, seperti dari Jatirogo Tuban, serta dari Padangan Bojonegoro,” cerita Kepala Desa.

Untuk perawatan dan proses tanamnyapun terbilang mudah, seperti tanam sayur selada dimana hanya membutuhkan waktu sekitar 32 hari sudah bisa dipanen, hasilnya pun lumayan. Satu Kilogramnya bisa laku kisaran Rp. 25.000,00.

Terpisah Kapolsek Jiken Iptu Nur Dwi Edi,SH,MH menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh Bripka Nyamat harus didukung, dimana selain aktif menjalin kemitraan, Dengan berkembangnya kebun sayuran di Bukit Kunci bisa menunjang perekonomian warga, hal tersebut juga merupakan salah satu upaya ketahanan pangan yang saat ini tengah digiatkan oleh Pemerintah Pusat maupun Daerah.

News Feed