oleh

Bhabinkamtibmas Polsek Ngawen Bersama Babinsa Sambangi Warga Disawah

Polres Blora Polda Jawa Tengah |Bhabinkamtibmas Desa Gedebeg Polsek Ngawen Polres Blora Polda Jawa Tengah Bripka Eko bersama Babinsa Koramil Ngawen Sertu Sahid menyambangi warga binaan di wilayah persawahan desa setempat, Mingu, (02/05/2021).

Sambang kamtibmas ke sawah sengaja dilakukan karena sebagian besar penduduk Desa Gedebeg adalah petani, jadi setiap harinya masyarakat sekitar menghabiskan waktu untuk bercocok tanam di sawah.

“Saat pagi hingga siang kebanyakan warga pergi kesawah, jadi kita sambangi mereka di sawah guna menyampaikan imbauan kamtibmas,” ucap Bhabinkamtibmas Bripka Eko.

Bripka Eko menceritakan, berawal dari pengamatan dilapangan dimana banyak warga desa Gedebag yang memarkir kendaraan bermotor mereka tanpa pengawasan saat pergi ke sawah, disitulah pihaknya merasa hal tersebut menimbulkan kerawanan, salah satunya adalah curanmor.

“Salah satu kebiasaan warga adalah memarkir kendaraan tanpa diawasi, bahkan ada juga yang tidak dikunci. Padahal jarak parkir dengan sawah saat beraktifitas jauh. Hal itulah yang bisa saja dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk mencuri sepeda motor mereka,” cerita Bripka Eko.

Bripka Eko bersama Babinsa berbincang santai disela sela kegiatan para petani dipinggir sawah. Memanfaatkan momen itulah Bhabinkamtibmas dan Babinsa menyampaikan imbauannya.

“Justru dengan turun dan membaur seperti ini maksud dan tujuan sambang lebih mengena, dimana kita bisa berinteraksi langsung dengan mereka,” tandas Bripka Eko.

Marno, salah satu warga setempat mengaku kaget ketika ada pak polisi dan tentara yang mendatanginya ke sawah, namun setelah berbincang dirinya merasa senang dan lega, ternyata kedatangan Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk menyampaikan imbauan Kamtibmas.

“Sempat kaget tadi, ada petugas polisi dan tentara ke sawah, ternyata memberikan imbauan, Alhamdulilah kami merasa lebih aman dan tenang,” kata Marno.

Selain menyampaikan imbauan tentang keamanan dan ketertiban, tak lupa Bhabinkamtibmas dan Babinsa mengajak warga agar membiasakan protokol kesehatan dalam beraktifitas untuk mencegah Covid-19.

“Tidak lupa kita sampaikan ajakan protokol kesehatan, yaitu mengajak warga agar membiasakan 5 M, mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker serta menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” tandas Bripka Eko.

Sementara itu Babinsa Sertu Sahid, tak lupa menyampaikan edukasi kepada warga terkait larangan mudik ditengah pandemi Covid-19. “Kita imbau warga, tetutama yang mempunyai saudara diperantauan agar untuk sementara menunda mudik ke kampung halaman, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19,” ucap Babinsa Gedebeg.

Terpisah, Kapolsek Ngawen AKP Sunarto,SH membeberkan bahwa apa yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Bripka Eko sudah tepat sasaran, dimana sering saat dirinya memimpin patroli menemukan sepeda motor yang diparkir dipinggir jalan tanpa dikunci dan diawasi.

“Yang dilakukan Bripka Eko sudah tepat sasaran, itu berdasar hasil pantauan di lapangan. Dan sudah barang tentu tugas kita untuk mengingatkan warga, sehingga tidak ceroboh dalam parkir kendaraan mereka,” beber Kapolsek.

News Feed