oleh

BINA BANGSA INDONESIA IKUTI PELATIHAN PARALEGAL

Ungaran-bhinnekanusantara.id-Untuk meningkatkan kualitas dan mutu, Lembaga Swadaya Masyarakat Bina Bangsa Indonesia (BBI) mengikutsertakan sebagian pengurusnya mengikuti Pelatihan Paralegal, bertempat di Gedung Pelatihan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Dharmaputra saat menggelar Pelatihan Paralegal Jl. Ki Sarino Mangunpranoto No. 8 Bandarjo, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Materi yang diterima adalah Manajemen Hukum Program Legal Officer-Paralegal, yang disampaikan oleh pemateri DR. Eddy Sutarto, SIP, SH, M.Hum, CLA, yang juga pemilik LPP Dharmaputra.

“Diharapkan, usai mengikuti kelas Paralegal Manajemen Hukum, para pengurus yang menjadi peserta pelatihan, dapat mengaplikasikan di lapangan untuk melakukan pendampingan hukum kepada masyarakat umum yang membutuhkan,” kata M. Hendy Soekanto, SSP, BA, Ketua Umum LSM Bina Bangsa Indonesia.

Ditambahkan oleh mantan anggota DPRD Kota Semarang dari PDI Perjuangan tahun 1980-an ini, bahwa perlunya Lembaga Swadaya Masyarakat untuk meningkatkan kualitas dan mutu pengurusnya di bidang hukum, agar bisa lebih bermanfaat untuk masyarakat luas.

Agar kedepan, personil yang tergabung di LSM BBI ini bisa memiliki kemampuan lebih untuk pemberdayaan di masyarakat.

“Kemampuan hukum Paralegal bagi pengurus diperlukan, sebab masih banyak masyarakat yang membutuhkan peran LSM dalam hal pemberdayaan di bidang hukum. Artinya, LSM BBI ini secara tidak langsung juga dalam rangka membantu pemerintah untuk sosialiasi Kadarkum kepada masyarakat,” tegas Hendi Soekanto.

Sementara, Pelatihan  Paralegal dan Manajemen Hukum dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, serta dimulai dari Jam 08.00 pagi hingga jam 14.30 siang pada awalnya. Namun semakin lama, pelatihan hanya berakhir hingga jam 12.30.

 

 

Penulis  : absabhinnekanusantara.id