Blue Light Patrol, Cara Polsek Banyubiru Tekan Kriminalitas

bhinnekanusantara.id – Dalam upaya menciptakan situasi aman dan nyaman di wilayah hukum Polsek banyubiru Polres Semarang Polda Jateng, petugas melakukan patroli malam atau Blue Light Patrol di wilayah kecamatan Banyubiru, Minggu (23/06/2019) malam.

Dalam patroli dialogis yang dilaksanakan oleh Polsek Banyubiru Polres Semarang Polda Jateng, petugas mendatangi tempat objek vital dan pemukiman penduduk di wilayahnya. Patroli merupakan salah satu kegiatan kepolisian yang dilakukan oleh dua orang anggota polri atau lebih sebagai usaha mencegah bertemunya niat dan kesempatan, dengan jalan mendatangi, menjelajahi, mengamati atau memperhatikan situasi dan kondisi yang diperkirakan akan menimbulkan segala bentuk pelanggaran, kejahatan atau gangguan kamtibmas dan atau tindak pidana/pelanggaran hukum yang menuntut atau perlunya kehadiran anggota polri untuk melakukan tindakan kepolisian guna terpeliharanya ketertiban dan menjamin keamanan umum masyarakat.

“Kita ingin meningkatkan intensitas kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat guna mencegah tindakan kriminal seperti curat dan curas di tengah,” ujar Kapolsek Banyubiru Polres Semarang Polda Jateng AKP Juni Purba.

Blue Light Patrol merupakan upaya preventif seluruh jajaran Polres Semarang untuk mencegah berbagai potensi tindak kriminalitas, terutama pada waktu malam hari.

“Hal inilah yang menjadi tugas Kepolisian sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat untuk hadir disetiap waktu menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif dan mencegah terjadinya tindak kriminal,” kata Kapolres Semarang Polda JatengAKBP Adi Sumirat.

Lebih lanjut Kapolres menegaskan bahwa sasaran program tersebut meliputi tempat-tempat keramaian masyarakat, jalur rawan kecelakaan dan rawan kriminalitas serta objek vital maupun berbagai kegiatan kontijensi yang memerlukan kehadiran Polisi.

“Tak cukup itu saja, pasukan Blue Light Patrol masih didukung lagi dengan perkuatan peleton On Call Polres Semarang dengan personil Shabara dan Unit Reskrim yang senantiasa mobile serta siap memberikan bantuan perkuatan jika sewaktu-waktu dibutuhkan” ujar Kapolres Semarang Polda Jateng.

 

 

Sumber : Tribratanews

Editor : Kiss login by Polda Jateng