oleh

Breaking News! Talud Longsor di Lawen Banjarnegara Timpa Tiga Rumah, Warga Dihimbau Waspada

 Banjarnegara – Sedikitnya tiga rumah di desa Lawen, Kecamatan Pandanarum terancam longsor dan pergerakan tanah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Posko PMI Kabupaten Banjarnegara, longsor terjadi tepatnya di dusun kendilwesi RT 2 RW 5 pada Selasa 13 September 2022 .

Komandan tim Siaga bencana berbasis masyarakat (SIBAT) PMI desa Lawen Adhe Beny Aranetha mengatakan longsor terjadi sekitar pukul 14.00 WIB tadi siang.

“talud rumah bapak Rastono tiba-tiba ambruk dan menimpa dua rumah dibawahnya yakni milik bapak Sukardi dan bapak Sumardi,” ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, setelah mendapatkan laporan tim Sibat langsung bergerak menuju lokasi kejadian dan melakukan pengecekan serta asessment kejadian.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah,” lanjutnya.

Pihaknya menambahkan, menurut rencana relawan bersama masyarakat sekitar akan melakukan kerja bakti pada esok hari untuk membersihkan material longsor.

Saat ini, lokasi longsor telah ditutup sementara menggunakan terpal dan pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut kepada BPBD, Dinas Sosial dan PMI Banjarnegara.

Sementara itu petugas asessment dilapangan Kambali mengatakan, dari tiga rumah terdampak kejadian longsor tersebut dihuni oleh 4 kepala keluarga.

“Berdasarkan hasil asessment dilapangan total terdapat 4 KK dengan 15 jiwa,” ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, dari total 15 jiwa tersebut terdapat 3 balita serta 1 orang warga yang menderita sakit stroke.

Sementara itu beberapa kebutuhan mendesak yang diperlukan antara lain terpal, logistik, family kit, peralatan dapur, dan material bangunan.

Pihaknya juga menghimbau masyarakat agar waspada serta meningkatkan kesiapsiagaan terutama jika hujan turun dengan intensitas tinggi.