Buka Diklat Satpam, Wakapolres Kudus Berpesan Tetap Disipin Prokes

Kudus – Bertempat di lapangan PG Rendeng Kudus, 72 siswa satuan pengamanan (Satpam) mengikuti upacara pembukaan pendidikan dan pelatihan dasar satpam kualifikasi gada pratama tingkat Polda Jateng yang dipimpin Wakapolres Kudus Kompol Eko Rubiyanto, Selasa (17/11/2020).

Kegiatan yang dihadiri oleh Pejabat Utama Polres serta tamu undangan ini nantinya akan berlangsung selama 15 hari dari tanggal 17 November 2020 – 1 Desember 2020 mendatang.

Dalam sambutannya, Wakapolres mengatakan bahwa jumlah anggota Satpam yang berada diwilayah Kabupaten Kudus sebanyak 2.631 orang yang telah mengikuti latihan dasar Satpam baru 2.295 orang, dimana dutahun ini yang juuga merupakan tahun masa pandemi Covid-19 diseluruh dunia.

“Di masa pandemi Covid-19 diharapkan petugas Satpam yang dipersiapkan untuk mengamankan lingkungan kerjanya harus lebih waspada dan melengkapi alat perlindungan diri guna pencegahan penyebaran Covid-19 dengan disiplin menerapkan 3M,” ungkap kompol Eko.

Sebagai aparat Kepolisian yang bertanggung jawab di bidang keamana dan ketertiban sekaligus sebagai Pembina satuan keamanan, Polri bertanggung jawab untuk memberikan bekal kemampuan dan tekhnik Kepolisan terbatas kepada satuan pengamanan dalam rangka melaksanakan tugas sebagai pengamanan dilingkungan kerjanya.

Ditambahkan, Dengan pendidikan dan latihan Satpam ini diharapkan para petugas satpam mempunyai bekal dalam menjalankan tugas dilingkungan kerjanya serta mampu melaksanakan fungsi keselamatan dan pelayanan.

“Satuan pengamanan harus professional serta cakap dalam menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah baru,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, Kompol Eko Rubiyanto berpesan kepada para peserta Diklat Satpam agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, serius dan semangat sehingga mampu menyerap semua materi yang diberikan oleh instruktur atau pelatih sebagai modal dasar dalam mengemban tugas dilingkungan kerjanya.