Bunga Tanda Cinta untuk Kapolda Jateng

bhinnekanusantara.id – Kunjungan Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Daniel ke kantor redaksi Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (2/7) kemarin, sungguh istimewa. Selain masih dalam suasana Hari Bhayangkara ke-73, kunjungan kemarin merupakan silaturahmi pertama Rycko ke Jawa Pos Radar Semarang setelah menjabat Kapolda Jateng sejak 2 Mei 2019 lalu. Tak heran, jika jajaran Jawa Pos Radar Semarang pun menyambut orang nomor satu di Mapolda Jateng ini dengan spesial.

Kapolda tiba di kantor Jawa Pos Radar Semarang di Jalan Veteran 55 sekitar pukul 14.35. Ia didampingi sejumlah pejabat utama Polda Jateng, antara lain Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jateng Kombes Pol Hendra Suhartiyono; Kabid Propam Polda Jateng Kombes Pol Jamaludin Farti; Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng Kombes Pol Rudi Antariksawan, serta Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Agus Triatmadja beserta jajarannya.

Saat turun dari mobil sedan warna hitam berpelat nomor polisi berlambang bintang dua, Rycko langsung disambut Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi, General Manager Iskandar, Pemimpin Redaksi Arif Riyanto, serta para staf termasuk wartawan.

Rycko tidak melupakan tradisinya di internal kepolisian yang selalu memberi hormat kepada orang lain. Baehaqi pun membalasnya dengan hal yang sama. Keduanya lalu bersalaman dan berangkulan. Rycko juga menyalami seluruh karyawan Jawa Pos Radar Semarang yang siang itu berseragam putih. Tampak akrab, tanpa sekat.

Didampingi Baehaqi dan Iskandar serta seluruh karyawan, Rycko bersama rombongan berjalan menuju pool side di gedung belakang. Sampai di pool side, pandangan Rycko langsung tertuju pada backdrop “Selamat Datang” yang terpasang di ruangan tersebut. Kebetulan MMT itu memajang foto halaman koran yang memuat tentang aktivitas kepolisian, termasuk kapolda.

Setelah berbincang sejenak, wartawati Maria Novena meminta izin kepada kapolda hendak memberikan kejutan spesial. Saat itu, kapolda bersama jajarannya diminta berdiri berjajar. Saat itulah, Baehaqi, Iskandar, Arif Riyanto, Manajer Keuangan Indah Fajarwati dan Manajer Iklan Sugiyanto Wiyono menyerahkan bunga mawar kepada kapolda dan empat pejabat utama yang mendampinginya.

“Ini tanda cinta kami kepada kepolisian.  Di dalam dekapanmu kami merasa aman dan tenteram. Selamat ulang tahun Bhayangkara semoga terus menuai kesuksesan,” kata Baehaqi sambil menyerahkan bunga mawar kepada kapolda.

Selanjutnya, semua karyawan memberikan bunga mawar dan menyalami kapolda. Tiba-tiba lagu Selamat Ulang Tahun dinyanyikan para karyawan Jawa Pos Radar Semarang. Saat itu, Baehaqi membawa kue ulang tahun dengan lilin angka 73. Kapolda pun didaulat meniup nyala lilin tersebut. Tampak Kabid Humas Kombes Pol Agus Triatmadja ikut meniupnya. Setelah itu, gantian kapolda memberikan cinderamata kepada Baehaqi berupa replika Candi Borobudur.

Kapolda Irjen Rycko mengaku senang bisa bersilaturahmi di Jawa Pos Radar Semarang. Apalagi penyambutannya sangat hangat dan penuh keakraban. “Hari ini, kita diberikan kesehatan dan kesempatan oleh Allah SWT untuk bertemu dan silaturahmi antara kepolisian Jawa Tengah dengan Jawa Pos Radar Semarang.  Pada kesempatan yang baik ini, kami dari pimpinan kepolisian di Jawa Tengah mengucapkan terima kasih yang sangat banyak, dan ini merupakan sesuatu yang baik. Kami juga baru pertama kali ini melakukan silaturahmi ke Jawa Pos Radar Semarang dan telah mendapat surprise,” ungkapnya.

Setidaknya kapolda mendapatkan tiga surprise. “Yang pertama surprise melihat gambar ini (backdrop, Red), surprise yang kedua saya diberikan bunga tanda cinta. Ini melambangkan hubungan baik. Dan surprise ketiga, ada kue ulang tahun juga,” katanya sambil tersenyum.

Atas surprise tersebut, kapolda mengucapkan terima kasih kepada Jawa Pos Radar Semarang atas jalinan kerja sama selama ini, yang telah saling percaya dan memberikan dukungan kepada tugas-tugas kepolisian untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Kita harapkan jalinan ini terus ditingkatkan. Saling membantu, saling memberi, saling mengingatkan, dan saling bertukar informasi. Kami mendoakan kepada Jawa Pos Radar Semarang semoga terus berkembang,  semakin dipercaya, termasuk makin sukses, dan semua karyawannya makin sejahtera,” ucapnya disambut kata amin oleh seluruh karyawan Jawa Pos Radar Semarang yang ada di pool side.

Kapolda mengakui, selama ini jajarannya masih ada yang melakukan hal-hal jelek. Karena itu, ia meminta untuk langsung memberitahu dirinya, dan bukan justru disebarluaskan.”Seperti di warung Padang, anda puas beritahu kawan, anda tidak puas beritahu kami,” katanya sambil tersenyum.

Direktur Jawa Pos Radar Semarang Baehaqi mengaku sangat kagum dengan prestasi Rycko sebagai anggota Polri.  “Bagi temen-temen yang belum tahu, Pak Kapolda ini adalah polisi yang menangkap gembong teroris dr Azhari di Batu (Jawa Timur) bersama Pak Tito Karnavian yang sekarang menjadi kapolri. Beliau ini betul-betul orang yang luar biasa,” katanya disambut tepuk tangan.

Selain itu, prestasi yang dilakukan Rycko juga terlihat sekarang ini. Ketika bertugas pertama kali di Jateng, ia sukses dalam pelaksanaan pemilu dan pilpres, serta pengamanan arus mudik.

Pada kesempatan tersebut, Baehaqi mengaku tidak bisa memberikan yang luar bisa terhadap kedatangan Rycko.  “Kami hanya bisa memberikan cinta sebagai bentuk dukungan kami kepada kepolisian, terutama Polda Jawa Tengah. Mudah-mudahan kita bisa menjalin kerja sama yang lebih erat lagi dengan berbagai program,” harapnya.

Kunjungan yang berlangsung lebih dari satu jam itu diakhiri foto bersama. Sejumlah kru redaksi sempat berfoto selfie dengan kapolda. “Seneng banget bisa foto sama Pak Kapolda. Saya tadi sempat diajak foto gaya bebas. Saya meleteehh Pak Kapolda tetap dengan gayanya yang cool,” kata Maria Novena, wartawati sambil tersenyum manis.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Agus Triatmadja mengaku terkesan dengan sambutan Jawa Pos Radar Semarang. “Terima kasih atas sambutannya yang luar biasa,” ujarnya, yang kemarin juga didampingi dua stafnya, AKBP Priyono dan Kompol Ana Maria.

 

sumber : polda Jateng

editor : saibumi @polda jateng