oleh

Cara Polres Brebes Tangani Keributan saat Pemilu

BREBES – Sebuah unjuk rasa terjadi di halaman Islamic Center Brebes. Mereka memprotes kecurangan yang terjadi saat penghitungan suara di salah satu TPS. Ratusan masa tersebut menyerang Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Melihat kejadian tersebut, anggota kepolisian yang berjaga langsung mengamankan situasi. Namun, masa yang semakin bertambah itu tak hanya tinggal diam. Personil Polres Brebes yang ingin menghalau, justru diserang. Pengunjuk rasa melempari barikade polisi dengan berbagai macam material yang ada di sekitar lokasi.

Melihat situasi semakin anarkis, Polres Brebes akhirnya mengerahkan mobil water canon untuk memaksa mundur warga yang demo. Hingga akhirnya keadaan tekendali dan pengunjuk rasa membubarkan diri.

Adegan di atas adalah simulasi yang dilakukan Polres Brebes dalam menghadapi segala kemungkinan yang terjadi dalam tahapan pemilu 17 April mendatang. Kegiatan ini dirangkum dalam Peragaan Pelatihan Sispamkota di halaman Islamic Center Brebes, Selasa (12/3).

Personil gabungan dari Polres Brebes, Kodim 0713/Brebes, Satpol-PP dan sejumlah pengamanan disiapkan untuk memastikan tahapan pemilu aman. Mulai dari kampanye, masa tenang, hari pemungutan suara hingga proses penghitungan suara.

Kapolres Brebes, AKBP Aris Supriyono mengatakan, peragaan Sispamkota tersebut bertujuan untuk mengukur kesiapsiagaan aparat penegak hukum dalam menghadapi segala bentuk gangguan keamanan seperti konflik sosial dan lain-lain.

“Menghadapi saat pelaksanaan pemilu 2019, kita dihadapkan pada berbagai macam isu yang bersifat negatif yang dapat memicu terjadinya konflik sosial. Diperlukan peran masing – masing stakeholder agar pemilu dapat berjalan dengan aman dan lancar,” jelas Aris.

Aris mengungkapkan, ada 997 personil kepolisian yang disiagakan guna mengamankan jalannya tahapan pemilu. Termasuk di dalamnya adalah BKO dari Polda Jateng. Sedangkan dari TNI, Kodim Brebes mengerahkan 360 anggotanya.

“Semua wilayah kita anggap ada potensi kerawanan. Dalam pemilu kali ini ada pendambahan pengamanan BKO dari Polda,” pungkas Aris.

Sumber : Kumparan

Editor : Awlina login by Polda Jateng