Cegah Corona, Polisi Wajibkan Penumpang KA Semarang Isi Formulir untuk Isolasi Diri

bhinnekanusantara.id – Penyebaran virus corona terus meluas di Jawa Tengah (Jateng), termasuk di Kota Semarang. Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Polrestabes Semarang mewajibkan penumpang kereta api yang turun di dua stasiun di korta itu mengisi formulir kesediaan untuk mengisolasi diri di rumah.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Auliansyah Lubis mengatakan, formulir itu berisi data diri dan tujuan penumpang turun di Semarang.

“Formulir kesanggupan mengisolasi diri itu bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” kata Kombes Pol Auliansyah Lubis saat memantau kedatangan penumpang KA di Stasiun Semarang Tawang, dikutip dari Antara, Sabtu (28/3/2020).

Dia mengatakan, permintaan untuk mengisi formulir tersebut juga sudah disampaikan kepada Ditjen Perhubungan Darat. Polrestabes Semarang juga meminta pengisian formulir kesanggupan mengisolasi diri dilakukan di terminal atau stasiun keberangkatan.

Selain pengisian formulir, petugas menjalankan prosedur penyemprotan disinfektan serta pengukuran suhu para penumpang yang turun. Petugas mengecek penumpang KA yang tiba di Stasiun Tawang, yakni Argo Muria, Tawangjaya Premium, serta Argo Bromo Anggrek.

Sementara Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang Krisbiyantoro mengatakan, tidak ada lonjakan penumpang dari wilayah barat menuju Semarang pada beberapa hari terakhir. Pihaknya menduga warga menggunakan moda transportasi lain. “Sepertinya lebih memilih moda transportasi lain,” ujarnya.

 

editor : dealova @polda jateng

#agussaibumi